News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ EP Akan Selenggarakan Tryout simulasi SBMPTN

diposting pada tanggal 26 Feb 2017 06.58 oleh Radio RDK UIN Jakarta
E-Poster Tryout simulasi SBMPTN HMJ EP

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Pembangunan (EP) akan mengadakan tryout simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilangsungkan pada 4 dan 11 maret mendatang. Acara ini merupakan program kerja (Proker) baru di kepengurusan HMJ EISP periode saat ini. Tryout simulasi SBMPTN ini bertajuk “Simbiosis” yaitu akronim dari Simulation Of SBMPTN for Senior High School.

Seperti halnya yang dikemukakan ketua pelaksana Simbiosis, Muhammad Harits Abdullah, pemilihan nama “Simbiosis” ini didasari atas hubungan simbiosis mutualisme yakni hubungan yang menguntungkan dua belah pihak. “Acara ini akan menguntungkan HMJ karena sesuai tridarma perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat dan menguntungkan calon mahasiswa karena melalui acara ini mereka dapat mengukur kemampuan guna menghadapi SBMPTN mendatang,” ungkap lelaki yang kerap disapa harits ini. Harits menambahkan, HMJ EP menargetkan 1000 hingga 1500 peserta yang merupakan murid sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta, Tangerang dan Depok.

Selain melalui media sosial, promosi juga dilakukan dengan cara roadshow ke beberapa SMA. Tak hanya untuk mensosialisasikan acara ini, roadshow juga ditujukan bagi murid kelas tiga yang ingin mendaftar Simbiosis. Namun, pendaftaran juga dapat dilakukan secara online dan on the spot. “Untuk tryout akan dibagi menjadi dua kali yakni pada 4 Maret untuk tryout computer based test (CBT) dan 11 maret untuk tryout paper based test (PBT),” jelas Harits. Harits mengatakan, calon mahasiswa hanya cukup membayar sekali saja untuk mengikuti dua tryout.

HMJ EP juga bekerjasama dengan salah satu lembaga bimbingan belajar (Bimbel) untuk pembuatan soal sosial dan humaniora (Soshum) serta sains dan teknologi 
(Saintek). “Sementara itu untuk urusan pendanaan acara ini didapat dari sponsor lembaga bimbel dan dari uang pendaftaran,” pungkas Harits.

Komentar positif juga tergambar dari mahasiswa EP semester dua, Elita Kirana. Dirinya mengaku sangat mengapresiasi HMJ EP yang dapat mengadakan acara bermanfaat seperti ini. “acara Simbiosis ini akan sangat berguna bagi adik-adik kelas tiga SMA yang nantinya akan mengikuti tes SBMPTN sehingga melalui acara ini mereka dapat melatih dan mengukur sejauh mana kemampuan mereka,” tutur Elita. Elita berharap, semoga nantinya acara seperti ini dapat diikuti oleh rekan-rekan HMJ lain.
(Faizah Fitriah)

Comments