News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ Ilmu Al-quran dan Tafsir Adakan Seminar Kebangsaan

diposting pada tanggal 15 Agt 2017 16.40 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Nassir Abbas saat menyampaikan materi tentang radikalisme

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin (FU), mengadakan seminar kebangsaan dengan mengusung tema Radikalisasi dalam Kampus Haruskah Dibiarkan, pada Selasa (15/8). Bertempat di Masjid  Student Center (SC) tersebut dihadiri oleh pembicara seperti Nasir Abbas, Brigjen Polri Parasian Simaungkalit dan Dr. H. Sima, Lc. MA., MBA., serta di moderatori oleh Kholik Ramdan Mahesa. Acara yang digelar untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke 72 ini diikuti oleh 60 peserta, dimulai pukul 1 hingga 4 sore.

Ketua Jamaah Islamiyah, Nassir Abbas dalam materinya menyampaikan, radikalisme janganlah dibiarkan dan tidak boleh dibiarkan. “Karena, pada dasarnya setiap muslim mempunyai kewajiban amar maruf nahi munkar, melaksanakan yang baik dan mencegah kemungkaran,” tutur Nassir. Nassir menjelaskan, radikalisme itu tidak menerima pendapat orang lain dan  tidak toleran. Ia berpendapat, sebaiknya radikalisme harus diluruskan, karena terkadang dalam memahami sesuatu pun harus radikal. Nassir menambahkan, akhlak Nabi adalah Alquran, bacalah alquran, jika tidak bisa bacalah terjemahnya. “Rajin membaca dan mencari informasi serta harus kritis terhadap apa yang dibaca, dilihat dan ditonton dengan cara sharing dan klarifikasi agar mendapat opini lain dan tidak salah akan pendapat sendiri,” harap Nassir.

Ketua HMJ Ilmu Alquran dan Tafsir, Angga Suprayoda dalam sambutannya menyampaikan, harus memiliki dasar pengetahuan agar tidak gampang terpengaruh dengan doktrin dan pemahaman yang salah. “Mahasiswa harus menjadikan kampus sebagai pemahaman yang ada, harus ada pertahanan dalam radikalisme yaitu dengan melawan, bahwasannya kita tidak boleh diam diri saja,” terang Angga. Angga berharap, agar mahasiswa mampu memahami dengan pengetahuan yang baik tentang doktrin dan pemahaman yang ada.

Seli Nursolihat

Comments