News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ KPI Adakan taman Literasi

diposting pada tanggal 29 Mar 2017 08.27 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui29 Mar 2017 09.03 ]

Minat baca sudah menjadi hal tabu di dalam lingkungan mahasiswa. Mahasiswa sekarang setelah mengenal adanya internet, menganggapnya sebagai referensi tunggal untuk mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, sebuah wadah diciptakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) yang bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk mencari bahan bacaan, selain perpustakaan umum dan perpustakaan yang tersedia. Kegiatan tersebut dinamakan Taman Literasi yang akan rutin dilaksanakan setiap Kamis dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB di  lobby Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta.

Menanggapi hal itu, penjelasan datang dari Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan (litbang) HMJ KPI, Rosalina Dharma. Wanita yang akrab disapa Oca ini mengatakan, Taman Literasi adalah taman baca yang memfasilitasi mahasiswa dan mahasiswi Fdikom untuk membaca buku dan koran selain di perpustakaan yang ada. Lobby Fdikom dipilih sebagi lokasi karena merupakan tempat mahasiswa menghabiskan waktu luang dan dianggap sangat strategis.

Tujuan dari adanya Taman Literasi ini, menurut Oca, untuk mendorong minat baca mahasiswa agar lebih gemar membaca dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Selain itu, juga dapat menambah wawasan serta kepekaan mahasiswa khususnya di Fdikom. “Dengan adanya Taman Literasi ini, mahasiswa dan mahasiswi dapat lebih peka terhadap situasi yang terjadi di sekitar dan dapat lebih giat lagi membaca buku daripada membuang waktu luang dengan sia-sia,” kata Oca.

Penanggung jawab Taman Literasi, Aji Nur Hidayat mengatakan bahwa buku-buku yang diperoleh berasal dari mahasiswa KPI yang menghibahkan bukunya untuk dapat dibaca oleh orang banyak. “Sarana dan prasarana lain layaknya rak buku pun berasal dari teman-teman Departemen Litbang. Jadi, kegiatan taman literasi ini adalah kegiatan dari mahasiswa, dan untuk mahasiswa,” ujarnya.

Terkait dukungan dari pihak-pihak luar, Aji menuturkan, kegiatan ini sangat didukung karena memiliki manfaat yang besar terutama bagi minat baca yang sekarang terlihat sangat minim. Harapannya, Taman Literasi dapat menjadi wadah mahasiswa untuk menambah ilmu dan juga tempat nongkrong yang bermanfaat.

(Fathur Alfarizi)

Comments