News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ MP Gelar Kompetisi Debat Pendidikan Se-Indonesia

diposting pada tanggal 12 Nov 2016 06.41 oleh Radio RDK UIN Jakarta

10 universitas ikuti Kompetisi Debat Pendidikan Mahasiswa Se-Indonesia, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Menejemen Pendidikan (MP) dalam rangkaian MP Expo 2016, Sabtu (12/11). Kompetisi debat bertempat di Auditorium Harun Nasution dan teater lantai dasar gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pada pukul 08.00-16.00. Tema yang diangkat dalam kompetisi debat yaitu Rekontruksi Karakter Pendidikan Indonesia, pembahasannya seputar kebijakan pemerintah terkini seperti kebijakan full days school, pelarangan pemberian PR, dan sertifikasi guru.

Ketua pelaksana MP Expo 2016, Romadon memaparkan, tujuan dari kompetisi debat ini adalah membangun jiwa kritis dari mahasiswa menejemen pendidikan, sebab berbeda dengan jurusan lain, jurusan menejemen pendidikan cendrung dinamis model pembelajarannya pun cendrung berubah-ubah mengikuti peraturan pemerintah terbaru. Selain itu, membangun silahturahmi antar mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan.

Peserta debat asal Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ahmad Arif Abdillah mengatakan, sebelum mengikuti debat ini, ia dan 2 rekannya sudah berlatih intensif selama satu bulan penuh. Ahmad menyayangkan soal pemilihan juri untuk kompetisi debat UIN, karena skala nasional seharusnya juri benar-benar seorang debater.

“Karena ini kontes debat Se-Indonesia jadi lebih ditekankan untuk juri yang ber-beckground debater, dan tidak hanya dari civitas UIN saja,” imbuh Ahmad. Ia menambahkan beberapa peraturan diubah dan tidak sesuai TM (tehnical meeting), selain dari ke-2 hal tersebut, Ahmad merasa bangga dapat mengikuti ajang bergengsi di MP Expo 2016.

 

 (oleh: Fatimah)

Comments