News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ MP Peringati Hari Kartini

diposting pada tanggal 20 Apr 2017 18.16 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Keberadaan perempuan khususnya di Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi baik dari kualitasnya maupun kuantitasnya. Perempuan yang sejatinya makhluk mulia yang melahirkan anak-anak saat dewasa kelak, nyatanya kerapkali direndahkan hak-haknya. Berbagai pergerakan dan aksi dilakukan oleh berbagai kelompok dari setiap zamannya. Seluruh gerakan tersebut, dapat dipastikan karena terinspirasi dari tokoh perempuan di Indonesia yang menjadi simbol emansipasi perempuan di Indonesia yaitu Kartini. Atas jasa-jasanya yang tidak terhitung bagi kaum perempuan, berbagai peringatan dilakukan untuk memperingati dan menghormati Kartini. Salah satunya dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Pendidikan (MP). Mereka menyelenggarakan kegiatan Kartini’s Day untuk menghormati jasa-jasa pahlawan perempuan tersebut di teater lantai 1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sejak pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Ketua pelaksana Kartini’s Day MP, Wulan Sutrisna mengatakan, acara tersebut pada dasarnya diselenggarakan untuk memperingati Hari Kartini. Dalam pelaksanaannya, HMJ MP Bidang Pemberdayaan Perempuan melakukannya dengan acara yang beragam layaknya talkshow, seminar, dan perlombaan khas Hari Kartini. Wanita yang akrab disapa Lea tersebut menambahkan, talkshow tersebut diisi oleh Syanti Soraya yang notabenenya adalah Duta UIN Jakarta. Selain itu, terdapat juga seminar dari Nurkhasanah, alumnus MP yang lulus kuliah hanya dengan menempuh 3,5 tahun.

“Semua itu dilaksanakan untuk memberikan inspirasi terhadap perempuan di MP tentang supremasi perempuan bahkan di aspek yang paling dekat,” imbuh Lea. Acara Kartini’s Day tersebut memiliki beberapa perlombaan, seperti lomba masak, tumpeng, dan tutorial hijab. Menurut Lea, untuk syarat peserta lomba tutorial hijab adalah berbakat, terampil, dan mahir dalam merias. Harapannya, acara tersebut akan sukses dan meminimalisasi kesalahan dibanding kegiatan Hari Kartini pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu pengisi di dalam acara Kartini’s Day HMJ MP, Nurkhasanah mengatakan bahwa acara tersebut sangat bagus dan begitu inovatif dibanding acara-acara tahun sebelumnya. Mahasiswa yang berpartisipasi juga meningkat, sehingga antusiasme Nurkhasanah selaku pemgisi acara semakin besar. Dirinya juga berharap, inspirasi untuk kaum perempuan tidak hanya datang dari beberapa orang, namun dari banyak orang.

(Fathur Alfarizi)

Comments