News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PAI Sukses Adakan Values Camp 2017

diposting pada tanggal 25 Sep 2017 19.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), baru saja selesai menyelenggarakan acara tahunannya yakni Values Camp 2017 pada Jumat (22/9) hingga Minggu (24/9) di Villa Pandawa, Parung, Bogor, Jawa Barat. Acara yang merupakan bagian dari program kerja (proker) Departemen Kemahasiswaan ini diikuti oleh 86 orang mahasiswa baru (maba).

Koordinator Divisi Acara, Abdul Kholik menjelaskan, total keseluruhan jumlah maba yaitu sebanyak 115 orang. Namun jumlah tersebut tidak sama dengan total peserta yang mengikuti acara ini. Hal ini disebabkan sulitnya maba memperoleh izin dari orangtua.

 “Namun terlepas dari itu, acara Values Camp sendiri tetap berjalan sesuai dengan tujuan awalnya, yaitu ingin mengenalkan dan mengakrabkan maba dengan kakak kelas, alumni, serta dosen yang ada di PAI,” ungkap Kholik.

Terkait persiapan, Kholik mengaku sudah dipersiapkan sejak sebulan lalu. Kendati saat itu panitia juga disibukkan dengan kegiatan Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus (PBAK), namun Kholik meyakini bahwa tidak ada fokus panitia yang terpecah. Hal ini mengingat kepanitiaan sudah dibagi sejak jauh-jauh hari.

Perihal rangkaian acara, Kholik mengaku didahului dengan pembukaan di FITK, kemudian pemberian materi, games, outbound, malam puncak, color run dan glow in the dark. “Tak hanya itu, HMJ juga menjadi fasilitator bagi maba yang belum menyelesaikan tes Baca Tulis Alquran (BTQ), sehingga maba yang kemarin tak ikut dan belum menyelesaikan tes BTQ, akan diajak ke sekretariat HMJ PAI untuk melakukan hal tersebut,” ujar Kholik. Kholik berharap agar dengan telah diselenggarakannya Values Camp 2017 ini, tidak ada jarak yang membentang di antara sesama maba, maba dengan kakak kelas maupun alumni.

Sementara itu, Ketua Departemen (Kadep) Kemahasiswaan, Sholihin Firdaus, menuturkan, proker ini merupakan proker yang bertujuan ingin menjadi ajang silaturahmi antar sesama warga PAI. “Selain itu, kami juga mempunyai proker terakhir yang juga memiliki tujuan yang sama dengan Values Camp, yakni Roket PAI, dan proker ini tak hanya menjadi ajang silaturahmi bagi internal PAI namun juga bagi pihak luar PAI” aku Sholihin.

Menyoal filosofi di balik nama Values Camp, Sholihin beranggapan bahwa Values yang berarti nilai adalah sebuah harapan agar nantinya, maba dan keseluruhan yang berpartisipasi pada acara tersebut dapat memperoleh nilai, baik secara akademis, kekeluargaan, dan kesenangan, setelah mengikuti kegiatan ini. “Pemberian nama tersebut sudah ada sejak 2014 lalu, dan nama itu yang akan terus kami gunakan,” ujarnya. Dirinya bergarap semoga acara ini benar-benar mampu mencapai tujuan awalnya, yakni untuk saling mengakrabkan satu sama lain.

(Faizah Fitriah)

Comments