News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBA Adakan Debat Bahasa Arab

diposting pada tanggal 27 Sep 2017 17.05 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Peserta lomba debat bahasa Arab melakukan foto bersama

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) menggelar debat bahasa Arab untuk mahasiswa yang merupakan rangkaian acara dari Al-Arabiyah Lil Funun (ALF) 2017. Sebanyak 18 kelompok universitas mengikuti kompetisi tersebut. Lomba yang diadakan di Teater Prof Dzakiyah Drajat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pada Rabu (27/9) berlangsung sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Ketua Umum HMJ PBA Muhammad Rizal Mahfuzoh mengatakan, rangkaian acara pada Rabu (27/9) terdiri dari enam lomba, yakni lomba debat, futsal, kligrafi, essay dalam bahasa Arab, pidato bahasa Arab atau taqdimul Qissoh, dan musabaqah qira’tul kutub. Alasan diadakannya enam perlombaan dalam satu hari, karena peserta lomba tidak hanya berasal dari mahasiswa sekiat UIN Jakarta,tetapi juga banyak yang berasal dari luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Maka dari pihak panitia penyelenggara menyatukan beberapa lomba dalam sehari,agar mempersingkat waktu.

“Dalam lomba debat bahasa Arab, terdapat juga mahasiswa asal negri Jiran, yaitu Malaysia. Yang mengikuti lomba pidato, story telling, dan puisi,” ujar Rizal.

Peserta lomba, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Arrayah, jurusan PBA, semester 7, Rudi Irawan mengaku, bangga mengikuti perlombaan debat bahasa Arab, karena melalui perlombaan ini dapat mengukur sampai mana kemampuan kecakapan dalam berbahasa Arab yang dimiliki. Rudi menambahkan, hal utama yang harus dipersiapkan dalam mengikuti perlombaan ialah persiapan diri yang matang, usaha, dan yang paling penting adalah doa. Hal tersebut yang membuat kelompol STIBA Arrayah dapat masuk kedalam final debat bahasa arab.

“Saya berharap melalui ajang perlombaan ini, STIBA Arrayah lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas,” Ujar Rudi.

(Naila Fitri)

Comments