News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBA Persiapkan ALF 2017

diposting pada tanggal 2 Agt 2017 10.35 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) siap mengadakan Al-arabiyah Lil Funun (ALF) 2017.  ALF  merupakan pekan raya eksplorasi dalam bahasa Arab yang dapat diikuti oleh seluruh siswa SMA, mahasiswa dan masyarakat umum. Bertemakan “Qohwah Menyatukan Kearifan Nusantara dengan Spirit Arabia”, pendaftaran pada kegiatan ALF sudah dibuka hingga 17 September mendatang.

Ketua pelaksana, Muhammad Vadyan Fidiavif mengatakan, alasan diambilnya tema “qohwah” yang artinya kopi, memiliki filosofi untuk menyatukan semua pandangan. Fidi menjelaskan, ALF merupakan program kerja tahunan, tahun ini menjadi tahun ke 5. “Tujuan diadakan ALF ini adalah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bahasa arab, selain itu merupakan ajang silaturahmi mahasiswa bahasa Arab seluruh Indonesia,” tutur Fidi. Fidi memaparkan, rangkaian acaranya terdiri dari seminar tentang bahasa Arab, perlombaan-perlombaan, karnaval, bazar dan pentas seni yang akan diikuti oleh delegasi kampus lain dan mahasiswa UIN Jakarta.

Fidi juga mengatakan, tahun ini juga diadakan lomba untuk tingkat siswa SMA se-nasional terdiri dari lomba pidato bahasa Arab, Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) dan taqdimul qissoh. Fidi menambahkan, untuk kategori mahasiswa terdapat perlombaan essay, debat, puisi, pidato, baca berita, semuanya dalam bahasa Arab. “Lomba yang paling diminati ialah debat bahasa Arab, selain menarik, acara tersebut juga tempat untuk mengasah kemampuan dalam berbicara dan antusias peserta maupun penonton sangat tinggi,” ungkap Fidi.  Sedangkan untuk kategori umum terdapat lomba futsal, hadroh dan kaligrafi. Fidi berharap, semoga acara berjalan lancar, berkesan baik, serta memberikan pengalaman untuk para peserta dan mendapatkan antusias yang tinggi.

Ketua HMJ PBA, Muhammad Rizal Mahfuzoh mengatakan, ALF tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena ditambahkan kategori siswa SMA yang baru ada pada tahun ini, selain itu diadakannya lomba hadroh yang lebih banyak peminatnya. “Untuk pensi tahun ini, HMJ PBA berencana mengundang band Fourtwenty sebagai gues star, ALF juga memiliki maskot yaitu Alfi yang merupakan kartun hewan unta,” papar Rizal. Rizal juga mengatakan, sangat bangga dengan kinerja HMJ PBA yang sangat totalitas dalam jobdesk masing-masing.

Naila Fitri

Comments