News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBI Siap Gelar English Festival

diposting pada tanggal 14 Agt 2017 10.36 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), siap menggelar acara tahunannya, yakni English Festival (E-fest) pada 25 September hingga 10 Oktober mendatang. Acara yang bertemakan Enhanching the Youth Bravery Quality and Infinite Creativity Through Competition in Global Era” tersebut, akan menghadirkan berbagai perlombaan yang melibatkan instansi pendidikan, mulai dari SMP, SMA, hingga tingkat perguruan tinggi.

Sekretaris umum HMJ PBI, Bellania Shinta Maynanda mengaku, E-fest kali ini mengusung konsep penyisihan grup untuk tingkat SMP dan SMa se-Jabodetabek yang berpusat di UIN Jakarta dan hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Selain itu, E-fest tahun ini juga mengadakan lomba pidato, debat dan menulis esai bagi perguruan tinggi di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten,” ujar Bella. Bella menambahkan, alasan yang melatarbelakangi dipilihnya konsep tersebut yakni untuk memudahkan peserta, sehingga lomba dipusatkan di UIN Jakarta. Serta dibukanya lomba tingkat perguruan tinggi disebabkan HMJ PBI ingin mahasiswa turut berpartisipasi dan juga untuk menyambung silaturahmi antar universitas,” lanjut Bella.

Menyoal persiapan, Bella mengaku sudah memasuki tahap mematangkan konsep dan regulasi lomba, serta pendaftaran sendiri juga sudah dibuka sejak 9 Agustus kemarin, sehingga dapat dikatakan persiapan sudah sampai 60%. Sementara rangkaian acara sendiri meliputi technical meeting, babak penyisihan untuk tingkat SMP, SMA dan universitas, serta final untuk masing-masing tingkat. Bella berharap agar melalui E-fest ini mahasiswa dapat lebih semangat dalam mempelajari bahasa Inggris, serta untuk meningkatkan kepercayaandiri dan semangat kompetisi yang positif.

Mahasiswa PBI semester 3, Adinda Putri mengaku, sangat mengapresiasi acara yang akan diadakan oleh HMJ PBI ini. Baginya, acara E-fest ini dapat menjadi ajang untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris bagi siapa saja yang ingin belajar tanpa perlu merasa rendah diri. “Setelah acara ini terlaksana, semoga akan ada banyak anak muda yang piawai dalam berbahasa asing,” harap Adinda.

Faizah Fitriah

Comments