News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBSI Adakan Pelatihan Pembuatan Makalah

diposting pada tanggal 13 Sep 2017 16.44 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui13 Sep 2017 16.56 ]
Dr.Elvi Susanti M.Pd  sedang memberikan pemaparan materi

Mencari informasi mengenai suatu pengetahuan dapat diakses melalui berbagai macam bentuk penyampaian, salah satunya dalam bentuk penulisan ilmiah. Penulisan ilmiah ini dapat berupa karya ilmiah, makalah, artikel, dan skripsi. Informasi yang diberikan haruslah benar, dapat dipercaya, dan memiliki sistem penulisan yang benar. Sehingga Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), mengadakan pelatihan pembuatan makalah bertajuk “Membentuk Mahasiswa Sebagai Kaum Intelektual Muda yang Berwawasan Luas, Cakap, Cerdas, dan Terampil dalam Menulis Karya Ilmiah”. Pelatihan ini diisi oleh narasumber Dr. Elvi Susanti M.Pd. Acara yang terlaksana di Teater Prof. Dzakiyah Drajat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), berlangsung pada Rabu (13/9), sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Ketua pelaksana, Andika Zakiul Fikri mengatakan bahwa tujuan diadakannya pelatihan penulisan makalah untuk memberikan pengetahuan tentang cara penulisan makalah yang baik dan benar secara sistematis. Selain itu, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan HMJ PBSI, yang diadakan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan. Dika mengungkapkan, kendala yang dialami ialah masalah izin tempat pelaksanaan, sehingga acara harus diundur satu hari kemudian. Ia menambahkan, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap antusias mahasiswa baru untuk datang, karena kegiatan ini dihadiri lebih dari 90 mahasiswa.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan wadah untuk mahasiswa semester awal, untuk mengetahui bagaimana bentuk penulisan makalah di UIN Jakarta, karena setiap kampus memiliki bentuk penulisan yang berbeda,” ujar Dika.

Peserta pelatihan pembuatan makalah, mahasiswa FITK  jurusan PBSI semester satu, Syifa Ul Qalbi mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru seperti dirinya. Menurutnya, perpindahan jenjang pendidikan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) ke perguruan tinggi, maka berubah pula bentuk tugas yang akan dihadapi. Dalam kegiatan pelatihan ini diajari cara penulisan makalah secara sistematis. Syifa mengaku memiliki antusias tinggi untuk mengikuti kegiatan ini, karena pemaparan yang jelas, serta mentor-mentor yang ramah membuat suasana menjadi menyenangkan.

(Naila Fitri) 

Comments