News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBSI Adakan Pengabdian Masyarakat

diposting pada tanggal 1 Agt 2017 09.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), akan menggelar pengabdian masyarakat membangun perpustakaan desa di Desa Cibeteung Muara, Ciseeng, Bogor pada 14 sampai 19 Agustus mendatang. Dengan mengambil tema Membangun Desa Melalui Pengajaran Bahasa dan Sastra, serta mendirikan perpustakaan sebagai wadah meningkatkan literasi masyarakat. Untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini juga membuka donasi buku-buku berupa buku pelajaran, novel, cerpen dan sebagainya. Selain buku, donasi juga bisa berupa pakaian baru atau bekas yang masih layak pakai, serta uang tunai untuk infaq dan shodaqoh.

Sekretaris acara, Indah Sundari menuturkan, tujuan dilaksanakannya acara ini karena HMJ PBSI ingin membangun perpustakaan desa yang berguna untuk membiasakan masyarakat tersebut rajin membaca. “Karena membaca adalah jendela dunia dan juga miminmya pra sarana di sekolah tersebut sehingga siswa belum mendapatkan fasilitas yang layak,” papar Indah. Indah mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk acara ini sudah mencapai 78%. Indah menambahkan, tidak hanya untuk mahasiswa jurusan PBSI saja,  namun mahasiswa dari jurusan lain atau pun kampus lain bisa ikut dalam acara HMJ PBSI mengabdi ini. Indah berharap, semoga timbul antusias masyarakat belajar bahasa Indonesia melalui modul pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Mahasiswa FITK jurusan PBSI semester 5, Dinita Ayu Novela mengatakan, sangat tertarik untuk mengikuti acara ini sambil mengisi waktu liburan yang diisi oleh hal yang bermanfaat. Dinita menambahkan, pengabdian masyarakat yang diadakan oleh HMJ PBSI ini dapat menjadi pengalaman ketika dirinya nanti mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN). “Semoga acara ini dapat berjalan dengan baik dan dapat diadakan tiap tahunnya,” harap Dinita.

Seli Nursolihat

Comments