News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBSI Ajak Para Mahasiswa Untuk Bisa Mendongeng

diposting pada tanggal 25 Mar 2017 11.36 oleh Radio RDK UIN Jakarta


Foto bersama Anggota HMJ Pendidikan Bahasadan Sastra Inggris

Jaman sekarang, banyak cara untuk menyampaikan suatu informasi salah satunya dengan mendongeng. Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta, menyelenggarakan acara pelatihan dalam mendongeng. Pelatihan ini memberikan tips dan teknik cara mendongeng  dengan menarik, disertai dengan metode mengajar kreatif dan fun learning. Acara yang akan diselenggarakan pada Kamis (30/3) mendatang di teater lantai satu FITK ini, terbuka untuk umum dengan pemateri Nono Sutrisno, seorang  pendakwah, pesulap, dan pendongeng.

Ketua pelaksana, Eneng mengatakan, alasan acara tersebut dilaksanakan yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan terkait dengan ilmu mendongeng, dan diselingi unsur nilai-nilai berdakwah. Hal ini karena sosok pemateri lebih menonjol dengan mendongeng dan di dalamnya diselingi dengan berdakwah. Selain itu juga para peserta bisa mengajar dengan cara yang berbeda, hal ini dapat menjadi nilai plus bagi peserta yang mengikuti acara tersebut. “Tujuan acara ini adalah untuk mengembangkan kretivitas dalam memberikan suatu informasi dengan mendongeng,” ujar Eneng.

Ketua Departemen Penelitian dan Pengembangan HMJ PBSI, Dhea mengungkapkan sedang gencar untuk mengundang para peserta agar dapat berpartisipasi, dan sedang dalam proses tahap membuat sertifikat untuk para peserta yang hadir. Ia mengatakan, kendala dalam acara ini hanya masalah waktu untuk berkumpul dengan panitia. Dhea berharap agar acara ini berjalan dengan lancar dan menambah wawasan para peserta, khususnya menambah pengetahuan  mengenai keterampilan mendongeng dan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat.

(Shari Ayu)

Comments