News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBSI Gelar Olimpiade Bahasa Pertama di UIN Jakarta

diposting pada tanggal 8 Nov 2017 17.45 oleh Radio RDK UIN Jakarta

HMJ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengadakan Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia (OBSI). Olimpiade digelar untuk Siswa SMA Sederajat yang terdiri dari tiga provinsi di Indonesia, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Acara yang bertemakan “Kekayaan Bahasa Indonesia dalam Khazanah di Era Milenial.” Akan dimulai pada tanggal 26 hingga 28 November mendatang.

Ketua Pelaksana, Wulan Puspasari mengatakan, OBSI merupakan program kerja baru Departement Bahasa dan Sasta  di HMJ PBSI, tahun ini merupakan tahun pertama diadakannya OBSI sekaligus dalam rangka memperingati bulan bahasa pada 28 Oktober lalu. Wulan memaparkan, lomba olimpiade yakni mengenai bahasa dan sastra Indonesia melalui dua tahap. Pertama tahap seleksi regional wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat mengenai keterangan lebih lanjut untuk seleksi awal dapat diakses syarat dan ketentuan melalui www.hmjpbsi.com. Setelah dinyatakan lolos tahap regional kemudian masuk ke tahap final yang akan dilaksanakan di Teater tiga Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Selain diadakan olimpiade, digelar juga Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) yakni test tentang bahasa Indonesia mirip seperti Test of English as a Foregin Language (TOEFL), dan mendapatkan sertifikat internasional dari Badan Bahasa Indonesia. Rangkaian acara terakhir sebagai penutup Obsi yakni akan diadakannya Seminar Kebahasaan dan menghadirkan narasumber yang mumpuni dalam bidangnya.

“Saya berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengenalkan kepada masyarakat luas tentang PBSI, masyarakat juga lebih mengenal pentingya UKBI, serta dapat memberikan maanfaat bagi siapa saja yang telah berkontribusi didalamnya,” Ungkap Wulan.

Mahasiswa FITK, jurusan PBSI Agusti Rahmalia, Semester tiga, mengatakan kegiatan yang akan diadakan Hmj PBSI merupakan kegiatan yang sangat menarik, apalagi untuk mahasiswa dalam bidang kebahasaan. Selain itu akan diadakannya UKBI di mana nantinya sertifikat yang dihasilkan akan berguna bagi para calon guru bahasa. Lia berharap kegiatan positif seperti ini akan terus dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya.

(Naila Fitri)

Comments