News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMK Jurnalistik Adakan Seminar Earn Money by Writing

diposting pada tanggal 14 Jun 2017 18.07 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Adisty mengisi workshop earn money by writing

Himpunan Mahasiswa Konsentrasi (HMK) Jurnalistik bekerjasama dengan UC News mengadakan seminar Earn Money by Writing, Rabu (14/6). Seminar yang menghadirkan bussines development manager UC News Adisty Ardiany dilaksanakan di Teater Prof. Dr. Aqib Suminto pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Adisty Ardiany mengatakan, UC News merupakan salah satu anak perusahan dari Alibaba Group China sebagai salah satu bentuk media sosial. Menurutnya, media dari tahun ketahun selalu berrevolusi seperti awal mula menggunakan surat, kemudian mulai muncul penggunaan internet yang sampai saat ini terus berkembang. Selain tulisan yang dapat diakses dalam bentuk digital, bisa juga berupa rekaman yang merupakan hasil dari citizen journalism. Orang-orang dapat membuat berita informasi melalu citizen journalism mulai dari pengambilan sendiri dari kamera handphone atau melalui platform seperti youtube, twitter, facebook, dan lain-lain.

Adisty menambahkan, melalui UC News keakuratan dan ketepatan berita tidak perlu diragukan lagi karena sebelum sebuah berita atau artikel diterbitkan, dilakukan proses penyaraingan informasi apakah itu hoax atau tidak. Selain itu, UC News juga memiliki alat pendeteksi kelayakan berita berupa censorship yang akan menyaring berita layak atau tidak untuk diterbitkan.

“Sebelum benar-benar diterbitkan, biasanya dilihat dan diedit oleh para editor UC News kemudian baru lah berita tersebut diterbitkan. Selain censorship terdapat juga sistem recomendation, yaitu sistem untuk menyaring berita-berita atau artikel yang pantas untuk dibaca oleh pengguna sesuai dengan umur pengguna UC News,” ujar Adisty.

Mahasiswa Fdikom Jurusan Kesejahteraan Sosial semester dua, Windi Setyani mengaku tertarik untuk mengikuti seminar karena saat ini menghasilkan uang melalui sebuah tulisan adalah hal yang menyenangkan dan sesuai dengan bakat yang ia miliki. Windi menambahkan, melalui seminar juga dapat menambah pengetahuan dan mengarahkan cara menulis sebuah konten yang menarik. Dirinya berharap setelah mengikuti seminar ini dapat mengembangkan bakat yang dimiliki dan hal yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi orang lain.

(Naila Fitri)

Comments