News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Farmasi Kenalkan Profesi Apoteker ke Tenjo

diposting pada tanggal 12 Nov 2017 16.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Para anggota HMPS Farmasi dan anak-anak di Kecamatan Tenjo Bogor
saat mengikuti rangkaian acara program sosial pengabdian masyarakat 

Dalam rangka pengabdian masyarakat, HMPS Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) mengadakan acara  program social bertajuk “Aku Apoteker Cilik” pada Sabtu (11/11) di di MI Mathla’ul Huda, Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Acara yang ditujukan oleh anak-anak in bertujuan untuk mengenalkan profesi apoteker kepada murid di sebuah desa binaan farmasi UIN Jakarta. Rangkaian kegiatan tersebut yaitu memberi dan memperluas pengetahuan kepada anak-anak serta mengenalkan peranan apoteker di dunia kesehatan.

Ketua pelaksana Ade Nurhikmah mengatakan, apoteker merupakan profesi yang masih dianggap tabu oleh beberapa orang.oleh karena itu para panitia mengenalkan sedari kanak-kanak edukasi agar mengenal istilah apoteker Melalui media presentasi yang interaktif, anak-anak terlihat antusias untuk mengenal apoteker lebih jauh.

“Acara ini diharapkan dapat menimbulkan semangat untuk lebih giat dalam menuntut ilmu, timbul rasa sosial kemanusiaan kepada sesame, mengetahui cara-cara penggunaan obat-obatan dalam bentuk berbeda-beda, dan mengetahui peranan penting apoteker di dunia kesehatan. Terakhir, membuat Desa Babakan yang terletak di daerah perbatasan menjadi lebih maju,” terang Ade.

Koordinator Divisi Publikasi dan Humas acara, Annisa larasati menjelaskan, rangkaian kegiatan ini diberi beberapa sesi. Sesi pertama mewarnai bentuk obat-obatan serta menjelaskan cara penggunaannya yang ditujukan kepada anak-anak kelas satu hingga tiga. Sesi kedua ialah sesi pos to pos untuk anak-anak kelas empat hingga enam yang menyediakan tiga pos. Pos satu menyusun puzzle dari bentuk obat-obatan kemudian  memberikan penjelasan cara penggunaan tentang obat tersebut. Pos kedua, bernama pos oralit yakni memberikan pengetahuan tentang penyebab seseorang mengalami diare, cara pencegahan, dan cara pemulihan diare. Pos terakhir yaitu pengenalan manfaat dari buah-buahan untuk menyembuhkan suatu penyakit seperti manfaat jus wortel yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. setelah pos to pos  diadakan penyematan “apoteker cilik” kepada murid yang aktif dalam semua rangkaian kegiatan dan memberikan apresiasi kepada anak-anak dengan memberikan hadiah. Aannisa menambahkan, acara ini juga menyumbangkan buku-buku yang mengedukasi kepada perpustakaan atau rumah baca yang bertujuan agar terciptanya habits “gemar membaca” kepada murid MI Mathla’ul Huda.

(Shari Ayu)

Comments