News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Farmasi Kirim 4 Delegasi Dalam APPS 2017 di Thailand

diposting pada tanggal 31 Jul 2017 07.51 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Farmasi mengirim 4 orang mahasiswa terpilih dalam Asia Pacific Pharmaceutical Symposium (APPS) 2017 di Bangkok, Thailand. Acara yang berlangsung dari 21 hingga 27 Juli ini merupakan kegiatan  simposium internasional dan salah satu yang menghadirinya adalah mahasiswa farmasi UIN Jakarta.

Seorang delegasi terpilih, Cut Balqis mengaku,  untuk sampai ke tahap delegasi butuh perjuangan yang tidak mudah. “Ada proses penyeleksian yang dilakukan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi (Ismafarsi) terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan  simposium pada APPS,” ungkap Balqis. Mahasiswa yang juga ketua HMPS Farmasi ini pun mengatakan, pengutusan dari pihak HMPS disebabkan HMPS memang merupakan anggota dari Ismafarsi. Selain dirinya, terdapat 3 delegasi lainnya yakni Diana Mustika Ratu, Adzdzikra Adzar  dan Nuri Zayanah.

Lebih lanjut balqis memaparkan, rangkaian kegiatan dalam  APPS tak hanya berupa simposium saja, melainkan terdapat workshop international night yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan masing-masing negara, thai night yaitu bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Thailand, patient counseling event, clinical skill event, academic games yang merupakan lomba cerdas cermat,  public health campaign, serta gala dinner dengan seluruh delegasi.

Tak sampai disitu, balqis pun turut menyuarakan harapannya usai terlaksananya kegiatan ini. Balqis berharap agar kegiatan ini dapat lebih mengembangkan diri,  dapat terus bertukar pikiran dengan mahasiswa dari luar indonesia dan mendapat pengalaman baru sehingga bisa  memotivasi mahasiswa lain untuk ikut kegiatan serupa.

Sementara itu, mahasiswi  farmasi semester 2, Gianika Frakastiwi mengaku bangga dengan dikirimnya  keempat delegasi tersebut. “Pengalaman seperti itu akan sangat bermanfaat saat setelah lulus nanti,” ungkap Gianika. Bahkan, Gianika mengaku siap untuk menggantikan posisi tersebut di masa mendatang.

Faizah Fitriah
Comments