News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Hukum Ekonomi Syariah Gelar Pelatihan Kewirausahaan

diposting pada tanggal 9 Mei 2017 17.21 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) mengadakan pelatihan kewirausahaan dan inkubasi bisnis berbasis syariah. Pelatihan ini mengusung tema “Terciptanya Wirausaha Syariah yang Unggul, Handal, dan Berdaya Saing Global”. Diadakan di teater lantai dua FSH dari Selasa (9/5) hingga Rabu (10/5) pukul 07.30 hingga 16.00 Wib, pelatihan dihadiri oleh 98 peserta dan diisi oleh narasumber diantaranya Ustad Valentino Dinsi, S.E., M.M., MBA., Ir. Arifin Purwakanta., Dr. H. Setyajid, Andi Amri, S.Sos., M.M., Umi Waheeda, S.Psi., M.Si., Dr. Euis Amalia, MA, Drs. Gusti Wira Susanto, Iman Nimatullah S.EI., MA. dan Dr. Rini Ak., CA.

Ketua jaringan pengusaha muslim Indonesia, Ustad Valentino menuturkan, dalam berwirausaha harus ada rasa membangun spirit perekonomian umat yang lebih bersinegi untuk keseluruhan. Ia mengungkapkan akan membangun program sejenis koperasi yang dibangun oleh umat dan kembali untuk umat. Ia juga menceritakan kisah inspirasi wirausaha yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan sahabatnya. Mereka tidak hanya membangun perekonomian saja, namun juga membangun fasilitas umat seperti masjid, baitul mal, madrasah, kemudian pasar.

Mahasiswi FSH Jurusan Hukum Ekonomi semester delapan, Elsahada Zachray mengatakan, banyak hal yang didapat pada pelatihan ini terutama hal dalam membangun bisnis.

“Kita tidak hanya memiliki bidang pengetahuan ekonomi saja, tapi juga harus mempunyai bidang dalam agama yang pada akhirnya bermanfaat juga untuk umat. Dengan pelatihan ini semoga dapat memberikan semangat bahwasannya dengan berwirausaha tidak hanya untuk memperkaya diri saja, namun juga membantu masyarakat dengan adanya lapangan pekerjaan,” papar Elsa.

Seli Nursolihat

Comments