News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Ilmu Hukum UIN Jakarta Adakan Simulasi Try Out

diposting pada tanggal 29 Mar 2017 08.21 oleh Radio RDK UIN Jakarta

UIN Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negri (PTN) yang tergabung dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN). Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hukum siap mengadakan try out simulasi SBMPTN pada Rabu (29/4) mendatang di ruang kelas gedung Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Simulasi yang bertajuk “Prepare SBMPTN for Senior High School (Preschool)” bertujuan untuk menciptakan tekad kuat dan masa depan cemerlang.

Kepala bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (humas) Preschool, Ulin mengatakan, Preschool merupakan program kerja dari Departement Penelitian dan Pengembangan (litbang). Ia mengungkapkan, antusiasme siswa SMA untuk memasuki PTN sangat tinggi, dan UIN Jakarta juga salah satu dari 10 PTN yang paling diminati di kalangan pelajar. Kegiatan ini bekerjasama dengan bimbingan belajar excellent institute (exist). Menurutnya, soal-soal yang diberikan merupakan soal tahun lalu dan prediksi tahun ini.

Ulin juga mengatakan, pemilihan nama Preschool didasari atas persiapan para siswa setelah lulus SMA untuk menghadapi jenjang yang lebih tinggi. Setelah lulus, banyak pilihan yang akan dihadapi mulai dari bekerja, menikah, atau melanjutkan kuliah. Sebagai generasi emas, diharapkan para siswa lebih mementingkan pendidikan yang lebih baik.

“HMPS Ilmu Hukum menargetkan 300 peserta yang terdiri dari sains dan tekonologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum), dan campuran, yang masing-masing dibagi menjadi 100 peserta,” urai lelaki pemilik nama lengkap Muhammad Ulin Nuha.

Presiden HMPS Ilmu Hukum, Ulil Amri Rahman mengatakan, SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan jalur mandiri yang semuanya bisa diikuti untuk UIN Jakarta. Ulil Amri menyatakan bahwa peluang masuk dijalur mandiri lebih besar, tetapi tidak menutup kemungkinan jika diterima melalui jalur SBMPTN.

“Tidak ada kendala dalam mengadakan acara ini, pihak dosen dan fakultas sangat mendukung terselenggaranya simulasi try out. Saya berharap semoga acara ini dapat membantu siswa SMA dalam mengetahui kemampuanya dan bisa diterima sesuai yang diiinginkan,” katanya.

(Naila Fitri)

Comments