News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Pendidikan Biologi Siap Gelar Tracup

diposting pada tanggal 1 Apr 2017 09.30 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Engklek, galasin, kelereng, dan lompat tali adalah beberapa dari ratusan permainan tradisional yang pada zamannya sangat akrab dengan anak-anak. Hendak mengajak mahasiswa lain bernostalgia, Himpunan Mahasiswa Program Studi  (HMPS) Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) akan menggelar Traditional Cup (Tracup) pada Kamis (6/4) sampai Jumat (7/4) mendatang di lobby timur gedung FITK. Acara ini hadir sebagai ajang seluruh mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), staff, dan dosen berkumpul bersama untuk memainkan permainan tradisional, serta mengajak bernostalgia dengan permainan yang akrab dengan masa kecil. Pada Tracup nanti akan ada bola bekel, congklak, dan catur sebagai permainan tradisional yang diperlombakan.

Ketua Departemen Olahraga dan Seni Pendidikan Biologi 2017, Stifani Martha mengungkapkan bahwa Tracup merupakan program kerja Departemen Olahraga dan Seni untuk mengajak mahasiswa memainkan permainan tradisional yang baru dilaksanakan tahun ini. Selain dijadikan ajang silaturahmi, Tracup juga menjadi media nostalgia terhadap permainan tradisional yang mulai kurang dinikmati.

Minat mahasiswa yang kurang dalam merespon Tracup, diakui Stifani menjadi sebuah kendala. Namun dirinya tetap berharap, Tracup mampu berjalan lancar sesuai rencana, berkesan bagi mahasiswa yang turut berpartisipasi, dan mampu berkembang lebih baik lagi pada kepengurusan selanjutnya.

Ketertarikan terhadap Tracup datang dari mahasiswa Pendidikan Biologi semester dua, Afri. Ia berpendapat bahwa Tracup terbilang unik karena mengangkat permainan tradisional sebagai fokus utamanya. “Bagus, apalagi mengingat permainan tradisional yang sekarang ini sangat minim peminatnya. Saya sangat tertarik untuk menjadi partisipan dalam Tracup 2017,” katanya.

(Syarifatul Adibah)

Comments