News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMPS Pendidikan Fisika Adakan Musafir Bermakna

diposting pada tanggal 18 Jun 2017 17.11 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Anggota HMPS Fisika foto bersama anak Pondok Pesantren Daar Al-Hikam

Guna meningkatkan kekhusyukan ibadah Ramadhan sekaligus sebagai momen peningkatan ukuwah islamiyah, Departemen Pembinaan dan Keagamaan HMPS Pendidikan Fisika mengadakan acara Musafir Bermakna di Aula Madya lantai dua UIN Jakarta, Jumat (16/6). Acara ini merupakan buka puasa bersama dengan para anggota HMPS Pendidikan Fisika. Pada Sabtu (17/6), Musafir Bermakna juga mengadakan kegiatan di Pondok Pesantren Daar Al-Hikam. Acara pada 17 Juni dilakukan pada waktu sahur dengan agenda kegiatan yaitu sahur bersama, khotmil Quran, kajian seputar hikmah bulan Ramadhan, santunan, serta fisika mengajar.

Humas acara, Dewi Nadzirotul Azkiya mengatakan, acara seputar Ramadhan sudah menjadi agenda setiap tahunnya di kepengurusan tersebut. Hanya saja, agenda dan konsep acara yang dibuat berbeda di tahun ini. Fisika mengajar diadakan agar topik yang dibahas tidak hanya seputar Ramadhan saja, tetapi para anggota juga bisa mengajarkan tentang ilmu fisika. Ia juga menjelaskan fisika bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan games yang menyenangkan.

Menurutnya, Fisika sudah menjadi dasar teknologi yang terstruktur dan sebagai ilmu dasar karena mengambil peran dalam perkembangan ilmu-ilmu lain. Artinya ketika mempelajari fisika, sama saja belajar dasar ilmu teknologi seperti televise, handphone, radio, pesawat terbang, dan sebagainya.

“Itu merupakan ilmu fisika yang menjabarkan atau membuka rahasia alam,” kata Dewi.

Dengan adanya agenda acara fisika mengajar, diharapkan para peserta di Pondok Pesantren Daar Al-Hikam mengetahui manfaat ilmu fisika bukan hanya hitung menghitung, tetapi bisa termotivasi untuk berkuliah di Jurusan Pendidikan Fisika di UIN Jakarta.

Anggota HMPS Pendidikan Fisika, Soraya Kamal mengungkapkan bahwa acara Musafir Bermakna lebih berbeda dibanding tahun lalu yang hanya dilakukan satu hari. Soraya berharap agar acara ini bermanfaat dan bermakna bagi diri sendiri dan anak-anak di Pondok Pesantren Daar Al-Hikam, sesuai tema acaranya Musafir Bermakna yaitu orang yang berpergian jauh untuk tujuan tertentu. Ia juga berharap acara seputar Ramadhan bisa continue di tahun selanjutnya.

(Shari Ayu)

Comments