News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Ikutan Beasiswa LPDP Yuk!

diposting pada tanggal 5 Des 2016 08.54 oleh Radio RDK UIN Jakarta

source: dokumen pribadi

Lembaga Pengelolaan dan Pendidikan (LPDP) Sekolah Pasca Sarjana (SPS) UIN Jakarta merupakan lembaga yang menyalurkan beasiswa untuk program S2 DAN S3 bagi anak bangsa di Indonesia, tidak melihat kedudukannya sebagai orang kaya ataupun orang miskin. LPDP memiliki 4 Leading Sector yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Riset dan Teknologi Kementerian Agama dan Kementerian Nasab dan Menengah. Sumber pendanaan yang dipakai untuk pembayaran mahasiswa yang diterima di LPDP, baik dalam maupun luar negeri 20% berasal dari Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN).  

Koordinator Penerimaan Beasiswa LPDP, DR. Ihsan Hamid menjelaskan, di LPDP ada beberapa jenis beaisiswa yang tersedia yaitu Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan Afirmasi yang masih-masing mempunyai syarat, ‘’BPI boleh diambil oleh mahasiswa seluruh Indonesia selama calon penerima memenuhi persyaratan yang di ajukan oleh LPDP dan Toefl nya 550. Sedangkan beasiswa Afirmasi  syaratnya harus berasal dari wilayah 3T Terdepan, Terdalam dan Terluar seperti Papua, Ambon, Kupang dan sebagainya, Toefl yang disyaratkan berjumlah 400-500,’’ paparnya.

Ihsan menerangkan, syarat administratif LPDP meliputi sertifikat toefl S2 minimal 500 dan S3 mininal 550, study plan, surat rekomendasi, Curriculum Vitae (CV), essay, usia maksimal 35 tahun untuk S2 dan 40 tahun untuk S3, scan ijazah, transkip nilai, surat keterangan sehat dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

‘’Setelah seleksi administratif lanjut ke seleksi wawancara yang merupakan Golden Ticket untuk keterima di LPDP. beliau berpesan kepada para peminat beasiswa LPDP agar selalu mambuka pada situs LPDP karena akan ada pengumuman update berkenaan dengan penerimaan beasiswa,’’ tutup lelaki yang melanjutkan program doktoralnya di jurusan pemikiran pilitik Islam.


 (oleh:: Julia)

Comments