News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Ini Harapan Mahasiswa pada Hari Radio Nasional

diposting pada tanggal 11 Sep 2017 08.26 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Source : techno.okezone.com

11 September 2017, insan peradioan di Indonesia memperingati hari jadinya. Hal ini bersamaan dengan hari lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI) pada 11 September 1945. RRI sendiri berdiri, sebulan setelah diberhentikannya siaran radio  Hoso Kyoku pada 19 Agustus 1945 silam.  Radio merupakan salah satu media informasi yang masih memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Seiring dengan majunya teknologi, stasiun radio seolah tak mau kalah untuk selalu memberikan cara terbaik demi menyentuh tiap lapisan  pendengarnya. Mulai dari radio konfensional dengan frekuensi, streaming via website, hingga aplikasi khusus yang dengan mudah dapat diakses lewat smartphone oleh pendengar setianya. Tak pernah berhenti, insan peradioan senantiasa memberikan berita-berita terupdate setiap detiknya bagi para pendengar, kapanpun dan dimanapun. Pada hari radio nasional kemarin, berbagai harapan dihaturkan untuk dunia radio Indonesia, tak terkecuali mahasiswa.

Salah satu anggota radio Politeknik Negeri Jakarta POROS Fm, Mauidhoh Khasanah memaparkan, Sejak mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) keradioan di kampus, perempuan yang akrab disapa Idhoh ini mengaku mendapat banyak pengalaman, ilmu dan teman-teman yang menyenangkan. Idhoh sendiri ragu, apakah akan mendapatkan moment menyenangkan seperti ini bila tidak menjadi bagian dari POROS Fm. Menurut Idhoh, mahasiswa yang tidak terjun langsung ke dunia peradioan tidak akan menyangka bahwa banyak proses yang harus dilakukan, dibalik suara merdu dan program menyenangkan radio. “Semoga dunia keradioan Indonesia semakin maju, dan senantiasa dapat memberikan informasi terkini tidak kalah dengan media lain, seperti internet dan televisi,” tutup Idhoh.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester tiga, Siti Robiah mengaku, baginya radio adalah salah satu media yang ia percaya untuk mendapatkan informasi terupdate setelah media sosial. Bagi Robiah, informasi yang diberikan radio dapat dipercaya dan mudah dicerna karna penerima informasi tinggal mendengarkan saja.

 “Nggak cuma dapat informasi terupdate entah tentang lalu lintas, isu terhangat atau musik baru, di radio juga ada program-program menghibur yang bisa menjadi teman menghabiskan waktu yang tepat, ujarnya. Pada hari Radio Nasional Robiah berharap agar dunia keradioan terus maju, insan keradioan dapat terus menunjukkan karya-karya terbaiknya, dan tetap setia memanjakan kuping para pendengar dari Sabang sampai Merauke.

(Syarifatul Adibah)

Comments