News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

International Hijab Solidarity Day 2017

diposting pada tanggal 17 Sep 2017 03.12 oleh Radio RDK UIN Jakarta
pemberian hijab syar'i kepada mahasiswi UIN Jakarta

Hijab ialah sebuah kain yang menutupi aurat bagian atas wanita yang beriman kepada Allah dengan menjalankan syariat-syariat-Nya. Sebuah kewajiban bagi suatu wanita muslimah untuk mengenakan hijab atau yang biasa disebut dengan jilbab, dalam melakukan aktivitas yang berpotensi terlihat oleh yang bukan mahramnya. Sehingga, dalam rangka memperingati Hari Persatuan Hijab Internasional atau lebih familiar disebut dengan International Hijab Solidarity Day yang bertepatan di tahun 2017 ini, Lembaga Dakwah Kampus Syarif Hidayatullah (LDK Syahid) UIN Jakarta melakukan longmarch kampanye hijab syar’i, yang telah dilaksanakan pada Jumat (15/9) lalu yang dimulai pukul 01.00 WIB. Longmarch dilakukan dengan memulai rute dari kampus dua dan diakhiri di kampus satu UIN Jakarta dengan mendatangi setiap fakultas yang dilewati.

Tak hanya melakukan longmarch,  LDK Syahid UIN Jakarta juga melakukan orasi disertai sosialisasi mengenakan hijab syar’i, menebarkan 1000 hijab syar’i, serta menebar paket hijab syar’i untuk karyawan dan pegawai UIN Jakarta.

“Betapa nyaman dan tentramnya diri ketika menggunakan hijab syar’i, betapa merasa aman dan terlindungi ketika menggunakan hijab syar’i. Semoga segala hati wanita tergerak dalam hal menutup auratnya secara syar’i,” ujar Ketua Kemuslimahan LDK Syahid UIN Jakarta dalam kegiatan kali ini, Cahyatun Nisa.

Acara ini yang memang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Kemuslimahan LDK Syahid, telah mengajak seluruh mahasiswa UIN Jakarta untuk berdonasi hijab syar’i atau dengan pilihan paket donasi dari Rp 20.000,00 hingga Rp 100.000,00.

Longmarch kampanye hijab syar’i ini, tak hanya mendatangi setiap fakultas di UIN Jakarta, beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berjajar di halaman Student Center pun, menjadi target agenda kali ini. Selain itu, di setiap jalan yang memiliki potensi untuk kampanye kali ini pun tak disia-siakan. Menebar 1000 hijab syar’i secara gratis mengundang massa yang banyak dan dari penebaran 100 hijab syar’i itulah, seluruh anggota LDK Syahid UIN Jakarta yang mengikuti longmarch ini, melakukan sosialisasi tata cara pemakaian hijab yang sesuai dengan syariat Islam.

“UIN Jakarta telah mewajibkan seluruh mahasiswa wanitanya untuk mengenakan hijab, akan tetapi hijab inilah yang masih sering dipakai kebanyakan mahasiswa dengan masih kurang sesuainya capaian syar’i, maka dari itulah, harapan sosialisasi ini dapat menyadarkan mahasiswa bahwa wanita merupakan aset yang berharga dengan menuutup auratnya sesuai dengan syariat Islam,” tutur mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora semester lima, sekaligus yang menjadi ketua dalam acara ini.

Rombongan muslimah LDK Syahid yang memakai dresscode hijab ungu atau hitam ini secara serempak menebarkan stiker gratis dan menyuarakan poster yang dibawa saat longmarch kepada siapapun yang dilewati rombongan wanita ini. Putri Indah Sari yang merupakan salah satu peserta aksi mengungkapkan, sebuah kebahagiaan dan kebaikan yang amat terkenang dalam melakukan suatu tindakan pembaharuan. Putri berharap agar semua mahasiswa UIN Jakarta dapat berhijab secara syar’i.

(Radhina Rifa) 

Comments