News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Intip Kesiapan Mahasiswa FDI Hadapi Ujian Lisan Qur’an

diposting pada tanggal 9 Jan 2017 09.40 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Ujian lisan Qur’an merupakan salah satu ciri khas ujian dari Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta. Setiap akhir semester ujian di FDI akan ditutup dengan ujian lisan qur’an. Prosedur ujian lisan qur’an ialah mahasiswa akan diuji berdasarkan dosen pengajar qur’an di kelasnya masig-masing, mahasiswa akan diminta untuk melanjutkan ayat sesuai ayat yang diucapkan penguji, hafalan sesuai dengan hafalan persemester, juz 1 untuk semester satu, juz 2 untuk semester 2, juz 3 untuk semester 3 dan seterusnya. Untuk menghadapi ujian lisan Qur’an,  banyak persiapan yang dilakukan mahasiswa FDI.

Mahasiswa FDI semester 3, Hanifah mengungkapkan disela-sela ujian berlangsung ia masih melakukan muroja’ah atau mengulang-ulang hafalan juz 3. Soal yang diujikan tidak banyak ‘’Biasanya, soal terdiri dari 5 ayat yang harus dilanjutkan,” tutur Hanifah.  Hanifa menambahkan, walaupun ujian masih berlangsung, tapi pengulangan itu perlu walaupun sehari hanya 5 sampai 10 ayat.

Mahasiswa FDI semester 1, Robizah Aminah menyatakan dirinya mengetahui ujian lisan Qur’ani memang sudah dari awal Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) FDI, jadi sudah mempersiapkan dari awal semester untuk menghafal juz 1. Aminah menambahkan persiapan lain lain yaitu mengulang-ulang hapalan, karena itu hal terpenting agar tidak lupa

‘’Selain itu menghindari pemakaian gadget yang berlebihan itu bisa menambah daya pengingat otak, karena kalau sudah chat dengan teman-teman, lihat instagram pasti ada maksiat walaupun sedikit, seperti membicarakan orang lain lewat chat,’’ tutup Aminah.  


(oleh: Juliah)

Comments