News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

“IPS Berbagi” Latih Rasa Peduli Dengan Donasi

diposting pada tanggal 19 Feb 2018 16.55 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), mengajak mahasiswa untuk berbagi kebahagiaan dan rezeki, dengan mengumpulkan buku-buku bacaan sekolah yang akan didonasikan untuk pelajar di Desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Donasi buku dibuka pada 22 Februari sampai 25 Maret 2018. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar program kerja (proker) dari HMJ PIPS dalam rangka “IPS Berbagi” dan menjadikan buku yang didonasikan berguna bagi orang lain.

Kepala bidang (Kabid) Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) HMJ PIPS, Dewi Lestari Hanafi menjelaskan, tujuan utama diadakan kegiatan donasi buku ini untuk memberikan bantuan berupa buku bacaan kepada pelajar yang tinggal di desa, selain itu agar menjadi pelajaran bagi anggota HMJ untuk bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat kepada orang yang membutuhkan. Mahasiswa semester enam ini mengatakan, persiapan dari panitia sendiri masih berlangsung. Panitia sudah mengumpulkan buku bacaan dari mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih layak baca. “Kami sudah menyebarkan pesan siaran terkait dengan pengumpulan buku. Semoga bantuan buku bacaan bisa bermanfaat dan membantu pelajar dalam menambah ilmu serta wawasan mereka, serta untuk HMJ PIPS sendiri semoga tetap menjaga kekeluargaan dan kerja sama,” ujarnya.

Mahasiswa FITK, jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) semester dua, Melati Fatihah mengaku, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena ini akan melatih seseorang untuk memiliki kepekaan terhadap sesama dan membantu orang yang membutuhkan. Melati menambahkan, kegiatan donasi buku sangat bagus, karena daripada melihat banyak buku yang tidak dibaca lagi lalu ditumpuk dan dibuang, lebih baik buku tersebut didonasikan untuk yang membutuhkan. “Saya berharap, mahasiswa harus lebih peka terhadap masyarakat dan lingkungan,” tutupnya.

(Thalita Zada)

Comments