News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

ISF gandeng UKM Flat dalam TN Scrabble Tournament

diposting pada tanggal 3 Jul 2017 09.04 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Indonesian Scrabble Federation (ISF) kembali adakan kompetisi The Nationals (TN). Kegiatan ini merupakan kompetisi scrabble tingkat nasional dengan tiga divisi yang berbeda, yakni divisi youth, intermediate dan master. Harga yang dikenakan untuk tiap divisinya berbeda, mulai dari 125 ribu, 175 ribu, hingga 200 ribu rupiah. Registrasi sudah dibuka sejak 18 Mei dan akan ditutup pada 13 Juli mendatang. Kompetisi ini akan berlangsung pada Jumat (14/7) hingga Minggu (16/7) bertempat di kampus UIN Jakarta.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Foreign Language Association (Flat), Alif Waisal menuturkan, kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan. Pada tahun ketiga kompetisi ini, UIN Jakarta terpilih menjadi tuan rumah dan dalam pelaksanaannya, ISF menggandeng UKM Flat untuk turut membantu jalannya kompetisi ini.

Lebih jauh alif menguraikan, rangkaian kegiatan pra kompetisi meliputi scrabble workshop for kids dan scrabble on the roadshow (SOTR) yang bertempat di perpustakaan utama (PU) dan perpustakaan fakultas (PF) berlangsung pada 26 Mei lalu. Selain itu, kegiatan SOTR juga dilaksanakan di basement beberapa fakultas, di antaranya ialah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Ushuluddin (FU), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang berlangsung pada 31 Mei hingga 12 Juni lalu,” papar Alif. Menurut Alif, kegiatan tersebut bertujuan sebagai media promosi kompetisi ini. Tak sampai disitu, rangkaian acara juga akan berlanjut dengan scrabble workshop untuk divisi youth, kemudian hari kompetisi dan setelah itu ditutup dengan  penyerahan penghargaan bagi juara di tiap divisinya.

Terkait estimasi peserta, Alif mengaku kompetisi TN ini menargetkan minimal 60 orang peserta dan maksimal 100 orang peserta yang terbuka untuk umum. “Semoga dengan diselenggarakannya kompetisi ini mahasiswa UIN Jakarta dapat mengenal scrabble dan kemudian dapat menjalin relasi dengan universitas lain,” harap Alif. Alif berujar, keterlibatan UKM Flat dalam kompetisi ini merupakan bentuk representasi atas partisipasinya dalam kompetisi tingkat nasional tersebut.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester dua, Gusti Cahyaning Dewo mengaku, dirinya merasa tertarik untuk bergabung dalam kompetisi ini. “Kompetisi scrabble dapat mengasah kemampuan kosakata bahasa inggris, sehingga kompetisi ini bukan hanya sebagai kejuaraan, melainkan juga ajang untuk melatih kepandaian berbahasa asing,” jelas Gusti.

Faizah Fitriah

Comments