News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Jadwal Tes Toefl dan PBAK Bentrok?

diposting pada tanggal 17 Agt 2017 07.28 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Jadwal tes TOEFL yang bentrok dengan pelaksanaan PBAK

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tinggal menghitung hari lagi. PBAK sendiri akan dilaksanakan sejak tanggal 21-25 Agustus. Untuk hari pertama, akan dilakukan gladi resik terlebih dahulu seperti tahun ke tahun. Selanjutnya, akan dijalankan kegiatan PBAK yang dijalankan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) universitas, Dema fakultas dan juga Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Kegiatan PBAK sendiri akan dilakukan di sekitar kampus UIN Jakarta, kemudian di gedung fakultas masing-masing. Dari perencanaan jalannya PBAK tersebut, ternyata ada kendala yang cukup fatal yaitu jadwal tes bahasa Inggris atau Toefl yang bentrok dengan jalannya PBAK.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pengurus Pusat Bahasa UIN Jakarta, Kiki Jayanti memberi komentar. Menurut Kiki, bentroknya waktu pada pelaksanaan tes toefl dan PBAK didasari karena kurangnya koordinasi. “Maksudnya, pihak panitia penyelenggara tes toefl dan toafl UIN Jakarta dan pihak panitia penyelenggara PBAK kurang memberi konfirmasi, makanya bentrok pada pelaksanaan kedua kegiatan tersebut bisa terjadi,” jelas Kiki.

Kiki menambahkan, padahal 2 kegiatan itu sama-sama sangat penting bagi mahasiswa, karena masing-masingnya menjadi syarat untuk pembuatan skripsi kelak. Kiki mengutarakan, bentrok pada pelaksanaan itu tepatnya terjadi pada tanggal 24 Agustus. Pihak Pusat Bahasa sendiri akhirnya menerima laporan-laporan terkait masalah tersebut, setelah banyak calon mahasiswa yang sudah melaksanakan tes kesehatan, lalu mendapati bahwa tanggal tes nya bisa berbarengan dengan waktu penyelenggaraan PBAK.

Berkaitan dengan masalah tersebut, salah satu calon mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Mutiaradha Syafitri mengatakan, saat dirinya telah melaksanakan semua prosedur pendaftaran UIN Jakarta seperti pembayaran dan tes kesehatan, dirinya dan orang-orang lain dibagikan selembaran kertas yang berisi jadwal tes toefl dan toefl. Lembaran tersebut dibagikan di mobil yang biasa untuk melakukan tes rontgen di dekat stand pendaftaran PBAK. Namun, Mutiara menuturkan, dia sangat bingung dengan jadwal yang tertera di lembaran itu. “Maka dari itu saya dan mahasiswa lain mencoba untuk menghubungi pihak panitia PBAK untuk mencari solusinya, kemudian tidak lama terdapat pengumuman kalau peserta tes yang tanggalnya bentrok akan dipindahkan harinya agar tetap bisa mengikuti tes,” jelas Mutiara.

Fathur Alfarizi

Comments