News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Jaga Kesehatan Melalui Makanan. Kuy!

diposting pada tanggal 27 Des 2016 09.23 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Dewasa ini, banyak sekali ragam makanan yang bermunculan. Beriringan dengan musim pancaroba yang tak dapat dielakkan. Hal tersebut saling berkesinambungan antara kesehatan dengan makanan. Jika tak sesuai, akan memudahkan manusia terjangkit penyakit, seperti thypus. Diketahui faktor thypus salah satunya dari kebugaran tubuh dan makanan. Ketika kebugaran tubuh sudah melemah dan asupan makanan tidak diseimbangkan, maka thypus mudah menjangkit siapapun empunya tubuh. Hal tersebut banyak terdata dari para pakar dan artikel-artikel mengenai kesehatan.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Jurusan Ilmu Kesehatan, semester 3, Melanie mengatakan kesehatan seseorang dipengaruhi dengan pola makannya. Jangan mudah mencoba makanan yang baru muncul. Minimal diperhatikan kebersihannya, kandungan gizinya, cara pembuatannya, dan lainnya. “Banyak tambahan aneh-aneh di makanan sekarang. Makanya penting bagi mahasiswa untuk lebih teliti”, ungkap perempuan (20th) tersebut.

Hal yang serupa disampaikan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan (FITK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Semester 5, Ahmad Fairuz. Menurutnya, antara kesehatan dan makanan saling berkaitan satu sama lain. Tidak semua makanan yang enak itu sehat seperti Junk Food. Mahasiswa harus sadar, peduli, serta selektif dalam memilih makanan. Sebab dikatakan dalam sebuah pribahasa Arab, akal yang sehat terdapat pada jasad yang kuat. Guna menguatkan jasad tersebut, diperlukan asupan-asupan yang bergizi dan tentunya tidak dilarang dalam Agama.

 

(oleh: Nida Muharram Kumala Sari)

Comments