News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Jalannya Tes SBMPTN di UIN Jakarta

diposting pada tanggal 16 Mei 2017 17.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Salah satu peserta SBMPTN saat ditanya komentarnya mengenai tes yang berlangsung

Kampus UIN Jakarta selaku perguruan tinggi negeri, sekarang tengah dihadapkan pada penerimaan calon-calon mahasiswa. Pada pekan kemarin, UIN Jakarta telah melaksanakan daftar ulang kepada para mahasiswa yang telah diterima di kampus yang berlokasi di Tangerang Selatan ini melalui proses Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN). Setelah itu, pada 16 Mei kemarin telah dilaksanakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan salah satu tempat pelaksanaannya adalah di kampus UIN Jakarta. Berkat kegiatan tersebut maka pada hari Senin dan Selasa, UIN Jakarta meliburkan perkuliahan demi melancarkan pelaksanaan SBMPTN.

Pada hari pelaksanaan SBMPTN Selasa (16/5) kemarin, terdapat banyak sekali peserta SBMPTN yang mengikuti tes di UIN Jakarta. Peserta tersebut berasal dari berbagai sekolah asal, contohnya Agnes yang berasal dari SMA 108 Jakarta. Dirinya berpendapat, pelaksanaan SBMPTN berjalan dengan lancer. Hanya saja, terdapat kendala-kendala non-teknis layaknya kemacetan di jalan, telatnya pengawas menjalankan instruksi yang ada, dan hal-hal lainnya.

“Namun untuk teknis sangat lancar karena saya sering mengikuti try out saat SMA. Model-model soal yang ada di dalam lembaran tes tersebut juga setipe, sehingga telah mendapat gambaran umum walaupun soal-soal di SBMPTN lebih susah ketimbang try out,” tambah perempuan bermata coklat tersebut.

Selain Agnes, terdapat juga peserta lain yang berkomentar mengenai jalannya SBMPT yakni Chelsea dari SMA Cempaka Putih. Chelsea menuturkan, walau dulu dirinya tidak mengikuti bimbingan belajar semasa SMA, tetapi dirinya masih dapat mengikuti soal-soal yang tersedia saat SBPMTN. Sebab, tipe soal yang ada saat tes berlangsung mirip dengan buku-buku latihan soal SBMPTN. Perempuan berambut panjang tersebut juga menambahkan bahwa saat berjalannya tes, pengawas masih kurang gerak cepat sehingga membuat waktu yang tersedia semakin terkikis. Terlepas dari itu semua, dirinya berharap agar mendapat hasil yang terbaik nantinya saat pengumuman berlangsung.

(Fathur Alfarizi)

Comments