News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Jelang Liburan, Perpustakaan Masih Jadi Favorit Mahasiswa

diposting pada tanggal 3 Jan 2017 22.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Pepatah mengatakan Buku adalah Jendela Dunia. Faktanya, buku menjadi sumber pengetahuan, sumber catatan, sumber referensi, sumber informasi, dan lainnya. Perpustakaan yang menjadi tempat tertatanya buku-buku, juga menjadi salah satu sumber Terbukti dengan padat nya mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan, seperti di UIN Jakarta. Jelang liburan panjang pertengahan Januari mendatang, masih banyak mahasiswa yang mengunjungi Perpustakaan Utama. Tak hanya untuk mengembalikan buku, mencari bahan referensi tugas, maupun yang sekedar datang untuk membaca.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), semester 5, Feni Nur Hidayanti mengaku, selain mengembalikan buku, ia sengaja datangi perpus untuk mengisi waktu luang pasca UAS (Ujian Akhir Semester). “Tadi baru selesai UAS, sengaja kesini untuk balikin buku. Ya sekalian cari referensi juga buat bahan ujian besok,” ucap perempuan kelahiran April tersebut. Pasal nya, masih ada beberapa mata kulaih yang belum rampung diujikan.

Hal yang berbeda diungkapkan mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), semester 1 Indri Pujianti. Menurutnya, perpustakaan tidak hanya dijadikan sebagai tempat membaca. Indri bersama teman sekelasnya, acap kali menjadikan perpustakaan sebagai tempat diskusi ketika ada mata kuliah yang kurang di mengerti.

“Iya kan kalau FDI bahasa pengantarnya Bahasa Arab, jadi semua mata kuliah dijelasin pakai bahasa Arab. Kecuali pelajaran umum. Banyak makalah dan tugas-tugas dari Dosen yang sulit dimengerti. Biasanya diskusi di Perpus, sambil buka kitabnya,” imbuh Indri. Menurut pengakuannya, lantai 5 Perpustakaan Umum di mana terdapat 3 meja panjang di sisi bangunan kiri, dijadikan sebagai tempat favorit berdiskusi.


(oleh: Nida Muharram Kumala Sari)

Comments