News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Jurnalistik Selenggarakan Bincang Street Photography

diposting pada tanggal 9 Mei 2017 16.52 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui9 Mei 2017 17.05 ]
Arbain Rambey sedang menjelaskan tentang Street Photography di Teater Aqib Suminto

Jurnalistik angkatan 2014 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Jakarta, Selasa (9/5) mengadakan Bincang Street Photography dengan tema “Realitas Jalanan dalam Bingkai Seni di  teater Prof. Dr. Aqib Suminto. kegiatan yang diikuti oleh 85 peserta ini diisi oleh fotografer senior Harian Kompas Arbain Rambey. Acara ini berlangsung sangat menarik karena selain pembahasan tentang street photography, juga menampilkan bagaimana foto-foto street yang benar dengan pembawaan yang seru oleh narasumber.

Arbain Rambey dalam materinya menyampaikan, street adalah nyawa sebuah kota. Menurutnya, street photography berbeda dengan human interest. Pengertian foto jurnalistik adalah segala sesuatu apapun yang memberi informasi.“Apa yang dipotret, dimana tempat memotretnya dan bagaimana cara memotretnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, memotret di jalanan adalah tempat yang istimewa karena selain berlatih banyak hal, fotografer juga belajar dengan orang sekitar. Arbain mengatakan, jalanan adalah satu panggung yang sangat penting.

Mahasiswa semester empat Jurusan Jurnalistik bernama Ferian Haqiqi mengatakan, dirinya sangat mengapresiakan diadakannya Bincang Street Photography ini. Ia juga mendapat pengalaman cerita memotret di jalanan dari narasumber dan informasi penting mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama memotret dijalanan. “Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber menjadi ladang ilmu dan pengalaman yang berharga untuk yang lain,” harap Ferian.

Seli Nursolihat

Comments