News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kalacitra Ikuti JFMI ke-10 di Ternate

diposting pada tanggal 4 Sep 2017 20.27 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kalacitra telah mengikuti kegiatan Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI) ke-10 di Ternate, Maluku Utara, pada 26  hingga 30 Agustus kemarin. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan universitas dari seluruh Indonesia di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Jendral Soedirman (UNSOED), dan masih banyak lainnya.

Delegasi Kalacitra, Fajar Setiawan mengatakan, acara JFMI kemarin merupakan ajang silaturahmi antar sesama mahasiswa fotografi dari seluruh Indonesia dan juga sebagai langkah dalam mengenal lebih jauh mengenai budaya daerah setempat yakni kebudayaan daerah Ternate. Meski yang menghadiri JFMI tahun ini tidak sebanyak tahun lalu saat JFMI ke-sembilan di Cirebon, yakni kurang lebih sebanyak 500 Kelompok Mahasiswa Fotografi (KMF). Fajar menambahkan, dalam kegiatan tersebut lebih mengusung pada agenda Explore Ternate, yang mana menjelajah tempat-tempat indah di Ternate dan membidik pesonanya melalui lensa kamera.

Terkait biaya akomodasi, ia mengaku sebagian berasal dari dana pribadi dan dibantu oleh pihak universitas. Fajar melanjutkan bahwa Kalacitra selalu mengirim delegasi ke acara tahunan JFMI tersebut. Hal ini ditujukan guna menambah semangat mahasiswa dalam minatnya di dunia  fotografi. Selain itu juga ingin memberitahu eksistensi dari fotografi mahasiswa itu sendiri di Indonesia guna memperbanyak relasi. Fajar berharap agar fotografi mahasiswa dapat terus maju dan menorehkan prestasi.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester tiga, An Unggul Satria mengaku dirinya sebagai penikmat dunia fotografi sangat bangga terhadap keterlibatan Kalacitra pada JFMI ke-10 tersebut. Ia yang pernah mengikuti Pendidikan Dasar Fotografi
(PDF) Kalacitra merasa salut dengan Kalacitra yang selalu mengirim delegasi untuk mengikuti JFMI di tiap tahunnya.

“Hal itu menunjukkan semangat dan keseriusan mahasiswa untuk mendalami dunia fotografi,” katanya.

(Faizah Fitriah)

Comments