News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kamus Online Kipers Jadi Terobosan Baru Mahasiswa UIN

diposting pada tanggal 18 Jan 2018 09.38 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Salah satu mahasiswa UIN Jakarta berhasil merampungkan pembuatan aplikasi bernama Kamus Istilah Perpustakaan (Kipers). Aplikasi jenis kamus elektronik berbasis mobile ini memiliki fitur quiz untuk mengasah ingatan dan pemahaman tentang istilah yang terdapat di jurusan Ilmu Perpustakaan. Sejak perampungan aplikasi ini banyak respons positif dari mahasiswa dan pengguna lainnya, karena dengan bantuan aplikasi tersebut para pengguna tidak perlu lagi untuk membuka kamus manual.

Pembuat aplikasi, Muhammad Azhar Hukama menjelaskan, ide membuat aplikasi ini adalah saat salah seorang temannya yang pernah mendapat pertanyaan dari mahasiswa jurusan lain tentang istilah perpustakaan, namun temannya tidak dapat menjawab. “Saya membuat aplikasi ini sekitar tiga bulan. Banyak respons positif dari dosen dan mahasiswa lainnya, namun ada juga yang berkomentar negatif terhadap aplikasi yang saya buat ini,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), jurusan jurnalistik semester satu, Syahrul Hidayat memberikan tanggapannya mengenai terobosan aplikasi tersebut. Ia menuturkan, terobosan aplikasi ini cukup baik dan dapat menginspirasi seluruh mahasiswa UIN untuk lebih kreatif lagi.

(Anggara Purissta Putra)

Comments