News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kapan Hijrah? Jangan Tunggu Waktumu Habis Sholihah

diposting pada tanggal 17 Jun 2017 10.40 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Suartini, M.Pd menceritakan pengalamannya berhijrah

Secara etimologi, hijrah berarti berpindah. Sedangkan secara istilah, hijrah berarti bergerak terus menuju cinta pada Allah SWT. Hijrah sendiri dikenal sebagai salah satu proses seorang muslim menjadi lebih dan lebih dekat dengan Allah. Banyak yang beranggapan, hijrah dapat terjadi dengan datangnya hidayah dari Allah.

Terkait hal itu, HMPS Pendidikan Fisika dan LDK Syahid Komda Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) bekerjasama menyelenggarakan Kajian Muslimah Jumat (16/6) lalu. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 11.00 WIB di lantai tujuh laboratorium fisika FITK bersama Kinkin Suartini, M.Pd salah satu Dosen Pendidikan Fisika ini diikuti oleh 20 mahasiswi.

Banyak menceritakan proses berhijrahnya sampai saat ini, Kinkin Suartini mengungkapkan bahwa proses hijrah sendiri menurutnya terdiri menjadi tiga macam yakni pelan, sedang, dan cepat. Dirinya tidak akan hijrah dikarenakan paksaan atas suatu hal. Baginya, hijrah adalah keinginan yang muncul dari hati. Tidak menunda-nunda lagi saat muncul keinginan berhijrah, bagi Kinkin, untuk berhijrah butuh keyakinan dan aksi yang nyata. Menjaga lingkungan pergaulan dengan orang sholeh menurut Kinkin adalah salah satu kunci kesputusan untuk mendekatkan diri kepada Allah segera terwujud.

Penting untuk menggali ilmu tentang Islam saat hendak berhijrah, menyegerakan proses hijrah tersebut, dan yang terakhir yaitu tetap istiqomah dalam berhijrah,” ujar Kinkin dipenghujung kajiannya.

Wakil ketua HMPS Pendidikan Fisika yang juga mengikuti kajian Jumat lalu, Suci Nur Hidayah mengaku, mengikuti Kajian Muslimah ini selain salah satu wujud ibadah di bulan Ramadhan, juga sebagai wujud partisipasi terhadap program HMPS. Hijrah bagi suci bukan sekedar penampilan belaka,  tapi lebih ke arah hati dan bagaimana akhlak sebagai muslimah.

“Yang utama adalah akhlak, karena penampilan kelak akan mengikuti,” katanya.

Suci membeberkan, masih banyak program kerja HMPS Pendidikan Fisika yang siap menjadi mediator mahasiswa dalam berhijrah. Suci berpesan bagi mahasiswa yang hendak berhijrah, hendaklah jangan ragu, percaya dan yakin terhadap kemampuan diri, serta senantiasa menuju kearah yang lebih baik.

(Syarifatul Adibah)

Comments