News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kasus Siswa SD Merokok, Ini Pendapat Mahasiswa

diposting pada tanggal 26 Okt 2017 18.17 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Akhir-akhir ini masyarakat tengah di gemparkan oleh video siswa SD asal Trenggalek yang tengah asik menghisap rokok elektrik. Rupanya hal ini menjadi perhatian bagi orangtua agar selalu memperhatikan anaknya ketika di rumah maupun di luar rumah, tak terkecuali sekolah.

Mahasiswa Universitas Pamulang jurusan Pendidikan Ekonomi semester tiga, Arman Dwi Saputra mengatakan, kasus anak SD yang menghisap rokok dan kemudian menjadi viral karena disebarkan adalah sebuah tindakan yang sangat disayangkan. Selain usia yang masih anak-anak, merokok yang dilakukan oleh anak SD menjadi sebuah peringatan agar orangtua serta sekolah dapat semaksimal mungkin memberikan pendidikan yang baik serta pengarahan agar para siswa tidak melakukan tindakan yang melanggar tata tertib sekolah.

“Semoga kedepannya tidak ada lagi siswa SD yang melakukan hal serupa, dan siswa dapat bertingkah laku sesuai usia dan karakternya. Bukan ikut-ikutan ingin menjadi keren seperti orang dewasa,” ujar Arman.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan Pendidikan Agama Islam semester tiga, Muhammad Khoirun Nifal menuturkan, lingkungan serta kurangnya pengawasan orangtua kepada anaknya menjadi penyebab seorang anak bisa bebas melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan sesuai umurnya.

“Dengan adanya kasus ini menjadi langkah untuk memberi pemahaman kepada anak-anak tentang perilaku yang baik dan buruk, juga ketika orang dewasa sedang melakukan hal serupa misalnya untuk tidak merokok dekat dengan anak kecil untuk menghindari kejadian yang sama,” harap Nifal.

(Seli Nursolihat)

Comments