News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kata Siapa Mahasiswa Pendidikan Fisika Tak Bisa Marawis?

diposting pada tanggal 9 Apr 2017 18.04 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Identik dengan pekerjaan teori dan berbagai hitungan, bukan berarti mahasiswa Pendidikan Fisika tidak mampu menggeluti hal yang berbau kesenian. Marawis,  kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi sehingga kental akan unsur keagamaan yang tercermin pada syair lagu yang dibawakan,  seiring dengan tepukan alat perkusi, menjadi pilihan bagi Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta. Bertempat di ruang sekretariat Himpunan Mahasiswa Jurusan HMJ MIPA, HMPS Fisika mengadakan latihan marawis guna mengisi waktu luang. Pelatihan ini akan rutin diselenggarakan tiap dua minggu sekali.

Ketua HMPS Fisika, Hafizh Jundu Muhammad mengungkapkan, pelatihan marawis ini bermula atas inisiatif mahasiswa Pendidikan Fisika dalam menyalurkan bakat seninya diluar kegiatan perkuliahan. Pelatihan ini pun masuk dalam program kerja HMPS Fisika khususnya Divisi Minat dan Bakat.

“Marawis ini banyak diminati mahasiswa Fisika khususnya semester enam. Sayangnya, minim peminat dari mahasiswinya sendiri yang padahal jumlahnya mendominasi di Program Studi Pendidikan fisika,” kata Hafizh.

Siap menjadi wadah penyaluran bakat, Hafizh mengaku terkendala pada ketersediaan alat marawis yang masih meminjam. Ia mengaku memiliki rencana untuk membeli peralatan marawis walaupun masih belum mejadi prioritas. Meskipun demikian, Hafizh berharap mahasiswa giat berlatih sehingga dapat tampil minimal pada acara internal Pendidikan Fisika sendiri.

Peserta latihan marawis yang juga mahasiswa Pendidikan Fisika, Mustofa Sony Oktaviandi mengungkapkan, latihan marawis ini masih bersifat tutor sebaya di mana satu sama lain peserta saling melatih. Sony mengaku, mengikuti pelatihan ini sebagai penyaluran bakat di luar kegiatan belajar terutama  pada kesenian Islam. Dirinya  berharap agar HMPS Fisika dapat memfasilitasi pelatihan yang diikuti oleh delapan peserta ini terutama dalam segi peralatan marawis.

(Syarifatul Adibah)

Comments