News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kebingungan Mahasiswa Dalam Pengisian KRS

diposting pada tanggal 23 Feb 2017 08.46 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Beberapa mahasiswa baru masih kebingungan mengenai cara pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Karena sebelumnya KRS masih dipaket dari jurusan masing-masing, ketika memasuki semester berikutnya mahasiswa belum mengerti bagaimana cara dan pemilihan dosen atau mata kuliah yang akan diambilnya. Sering kali ditemukan mahasiswa baru di beberapa lantai fakultas yang ada di UIN Jakarta sedang mengurus KRS di academic information system (AIS).

Dosen Penasihat Akademik (PA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Raudhoh Hasanah, M.A. menuturkan, sudah ada beberapa mahasiswa yang berkonsultasi mengenai pengisian KRS. “Itu tergantung keaktifan dan sebenarnya mahasiswa semester dua menanyakan hal-hal terkait KRS ke kakak tingkat mereka adalah jawaban yang tepat setelah konsultasi ke dosen PA,” ujar Raudhoh.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester dua, Irbithul Fikriyah mengungkapkan, dirinya sudah berusaha aktif untuk bertanya kepada kakak tingkat yang tentunya lebih paham mengenai pengisian KRS dan sudah bertanya kepada teman-teman seangkatan. ”Dosen PA sudah coba dihubungi dan tak ada jawabannya,” ungkap Irbithul. Irbithul menambahkan, hal inilah yang membingungkan serta mempersulit menghadapi perkuliahan kedepannya. Irbithul mengidentifikasi, ada dua faktor yang menyebabkan mahasiswa tahun ajaran 2016 belum paham mengenai pengisian KRS, yaitu kurang aktifnya mahasiswa untuk mencari tahu mengenai KRS dan slow respons dari dosen PA.

(Radhina Rifa Muthiah)

Comments