News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kegiatan Unik Hiqma UIN Jakarta

diposting pada tanggal 5 Feb 2017 08.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta

                                                    Suasana saat tim kolaborasi Hiqma UIN Jakarta sedang melakukan latihan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa (Hiqma) UIN Jakarta rupanya memiliki sebuah kegiatan yang cukup unik bagi para anggotanya, yakni tampil di acara-acara pernikahan khususnya pernikahan alumni Hiqma. Kegiatan ini melibatkan para anggota Hiqma yang memang sudah terlatih memainkan berbagai alat musik.

Salah seorang anggota Hiqma dari divisi hadroh, Kurniawan mengungkapkan bahwasanya kegiatan ini adalah bagian dari tim hadroh dan marawis yang dikombinasikan dengan keyboard serta seorang vokalis, tim ini disebut dengan tim kolaborasi. Lebih lanjut, Kurniawan menjelaskan tentang kegiatan ini yang merupakan wadah bagi para anggota Hiqma untuk mengaplikasikan kemampuan mereka dalam bermusik. Salah satu acara pernikahan yang baru saja mereka hadiri ialah acara pernikahan seorang alumni Hiqma di Tangerang pada Sabtu (4/2). “Setiap anggota Hiqma diberi kebebasan dalam menentukan sendiri minatnya untuk memilih alat musik yang ingin mereka pelajari,” tutur lelaki berkacamata tersebut.

Anggota Divisi Pengembangan Minat dan Bakat, Adi Putra Utama juga menuturkan hal yang senada bahwa setiap anggota diperkenankan untuk memilih sendiri instrumen yang mereka inginkan. “Ada dua instrumen yang ditawarkan, ada instrumen perkusi seperti marawis dan hadroh, dan juga instrumen elektrik seperti keyboard dan gitar,” jelasnya.

Adi menyampaikan, tidak ada paksaan bagi anggota Hiqma untuk bisa bermain alat musik. Kendati demikian, Hiqma tetap memfasilitasi bagi para anggotanya yang ingin belajar alat musik. Bahkan adi menuturkan bahwa sebelum para anggota tergabung, ada placement test yang harus dijalani telebih dahulu sehingga biasanya dari sinilah Ia dapat mengetahui minat dan bakat dari masing-masing anggota.

Lebih jauh Adi menambahkan, tidak ada tarif tertentu yang dipatok untuk setiap penampilan. Biasanya, tarif disesuaikan berdasarkan apakah orang yang mengundang merupakan bagian dari keluarga UIN atau bukan. “Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini selain sebagai sarana untuk bersilaturahmi dengan dunia luar, Hiqma juga dapat membawa nama UIN Jakarta untuk lebih dikenal khususnya nama Hiqma itu sendiri,” tutup Adi.

(Faizah Fitriah)

Comments