News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kejar Semester Pendek di Liburan Panjang

diposting pada tanggal 21 Jul 2016 20.17 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Disaat masa-masa liburan seperti sekarang, mahasiswa semester 7 Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (FDIKOM) tetap pergi ke kampus, untuk mengejar Semester Pendek (SP) karena harus mengulang mata kuliah semester regular.

SP adalah semester singkat yang diadakan diantara semester genap dan ganjil pada setiap tahun ajaran Universitas. Tujuan diadakannya semester pendek untuk memperbaiki nilai ataupun mempercepat masa studi. Namun tidak semua Universitas menyediakan semester akselerasi. UIN  Jakarta sendiri penawaran SP berbeda disetiap Fakultasnya. SP biasanya diadakan selama 3 ataupun 4 minggu.

 

“Saya sedang mengikuti semester pendek sejak Senin (18/08) dan akan berakhir pada minggu depan,” ujar Tio Hanifa Warih, mahasiswa FDIKOM jurusan Kesejahteraan Sosial (KESSOS) semester 7. Tio mengaku, ia dikenakan biaya sebesar 35ribu rupiah untuk setiap sksnya.

 

Mahasiswa FDIKOM jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 3, Zaky Muhtarom berpendapat, dengan adanya SP ini mahasiswa jadi meremehkan matakuliah semester reguler karena bisa diperbaiki jika mengulang. Ia menyayangkan, di FDIKOM SP bisa diikuti saat semester 7, tidak seperti di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) yang bisa diikuti sejak semester 4, karena menurutnya pengulangan akan menjadi menumpuk nantinya.


(oleh : salsabila)

Comments