News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kesmas Gelar Seminar Profesi Imunisasi dan Rubella

diposting pada tanggal 23 Nov 2017 14.49 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Peserta sedang menyimak Seminar Profesi yang diadakan di auditorium FKIK

Epidemiology Student Association (ESA)  Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan (FKIK) jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) kemarin (23/11) mengggelar Seminar Profesi dengan mengusung tema “Umbrella Urgency Of MR Immunization To Beat Rubella And Measles” di auditorium lantai dua FKIK. Acara yang diikuti oleh 70 orang peserta ini di hadiri oleh pembicara Dr. Tulus Muladiyono dari  dinas kesehatan kota Tangsel, Dokter Oktaviani Mayang Sari dari Rumah Vaksin, dan M. Farid Hamzens  Dosen FKIK.

M. Farid Hamzens dalam materinya menyampaikan pengetahuan tentang imunisasi dan penyakit MR yang dimiliki oleh masyarakat belum mencapai tahap memahami, sehingga jawaban dari persepsi lebih banyak negatif. Farid menuturkan peran serta petugas kesehatan sangat efektif dalam melakukan persuasi dan dapat mengatasi isu hambatan yang ada. Farid menambahkan masyarakat yang memiliki perspepsi kerentanan positif akan mendorong seorang ibu untuk membawa anak imunisasi MR.

“Pendekatan kepada ibu yang masih kontra terhadap imunisasi MR harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga cakupan ibu yang mengimunisasikan anaknya meningkat sehingga dapat mencapai target nasional,” ujar Farid.

Menurutnya, pemberian imunisasi MR pada anak tidak hanya untuk memberikan pencegahan terhadap masalah campak dan rubella di lingkungan itu sendiri, tetapi juga untuk meningkatkan status kesehatan anak.

Peserta Seminar Profesi, Fadhilla Cahya Hanifah mengatakan, seminar ini mengingatkan agar wanita yang ingin menikah untuk vaksinasi rubella. Hal ini karena rubella sangat berbahaya jika menginfeksi ibu hamil, dan akan memberi dampak yang buruk bagi ibu yang mengalami keguguran. Fadhilla menambahkan bayi yang lahir dari ibu yang mengalami rubella akan mengalami ketulian, mikrosifali, dan jantung bocor.

(Seli Nursolihat)


Comments