News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Khataman Al-Quran di Bulan Turunnya Al-Quran

diposting pada tanggal 6 Jun 2017 13.28 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Peserta kajian sedang membaca Al-Quran sembari menunggu berbuka puasa


Selasa (6/6), Forum Angkatan (Forkat) Al Araf yang berada di bawah naungan Divisi Syiar dan KeIslaman (Syikei) Komisariat Dakwah (Komda) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) LDK Syahid, menyelenggarakan khataman Quran bersama. Acara tersebut diselenggarakan di Lobby Fakultas Ushuluddin dari pukul 16.30 WIB hingga waktu berbuka puasa tiba. Acara tersebut diramaikan oleh senandung ayat-ayat suci Al-Quran, kemudian menjelang adzan maghrib diisi oleh sebuah kajian terkait Ramadhan.

Pembicara kajian, Wahyudin menuturkan bahwa khataman Quran sesuai dengan surah Al-Baqarah ayat 185 yang berisikan bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda antara hak dan bathil.

“Bulan Ramadhan di dalamnya penuh keberkahan, tentu semua orang telah menanti-nantikan bulan yang penuh rahmat ini untuk menjadi ladang pahala dan menghapus dosa-dosanya,” katanya.

Ketua panitia, Nabilah mengungkapkan bahwa secara garis besar, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan mempererat ukhuwah Islamiyah antar sesama umat Nabi Muhammad. Terlebih lagi, bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan. Menurutnya, kegiatan khataman Alquran yang telah diselenggarakan kemarin adalah bentuk cinta hamba kepada sebuah petunjuk maupun pedoman selama di dunia maupun akhirat kelak.

(Radhina Rifa)

Comments