News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

KMLA Garuda Kirim Anggota Ke Lokasi Bencana di Pacitan

diposting pada tanggal 11 Des 2017 18.22 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Musim penghujan kini sudah memasuki kurun waktu kurang lebih tiga bulan. Intensitas curah hujan yang tinggi juga kerap melanda beberapa titik di tiap wilayah di Indonesia. Tak terkecuali wilayah Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Diguyur hujan terus menerus membuat debit air pada tanggul di anak sungai Pacitan meluap dan tanggul pun jebol hingga menyebabkan banjir. Kejadian ini terjadi pukul 02.00 dini hari, Selasa (28/11) lalu. Selain banjir, tanah longsor juga menambah duka warga Pacitan. Musibah ini kemudian memakan 11 orang korban.

Mengetahui hal tersebut, Lembaga Semi Otonom (LSO) Kelompok Mahasiswa Lintas Alam (KMLA) Garuda, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) pun segera mengirimkan anggotanya untuk turut andil dalam pemberian bantuan bagi korban musibah banjir dan longsor Pacitan, mulai dari Senin (11/12) hingga Sabtu (16/12).

Anggota yang menjadi relawan, Muhammad Yahya Aldi mengatakan, sebagai LSO yang bergerak di bidang alam dan lingkungan, KMLA Garuda tentunya tanpa ragu akan bergerak demi membantu kondisi korban bencana tersebut. “Lokasi bencana yaitu di Desa Penggung, Kecamatan Nawangan, Pacitan. Selain anggota kami yang menjadi relawan, kami juga menjalin kerjasama dengan TIM Search and Rescue (SAR) Surabaya, Jatim,” ungkap lelaki yang disapa Bubuy.

Lebih dari itu Bubuy melanjutkan, nantinya akan ada tujuh titik longsor yang akan disambangi. Dalam pelaksanaannya, KMLA Garuda yang juga bekerjasama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fdikom (DEMA-F), akan memberikan sejumlah bantuan fisik. “Kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat meringankan beban para korban dari musibah banjir dan tanah longsor, dan kami KMLA Garuda, juga tidak akan berhenti berkontribusi bagi lingkungan kami,” pungkasnya.

Sementara itu, mahasiswi FDIKOM, jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester tiga Elva Nurfadillah mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota KMLA Garuda. “Memang seharusnya tim pecinta alam bukan hanya mendatangi tempat-tempat dengan panorama indah yang dimiliki alam, namun juga turut serta dalam bencana yang terjadi,” komentarnya.

Faizah Fitriah

Comments