News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

KMPLHK Ranita UIN Jakarta Buka Posko Peduli Gempa Aceh

diposting pada tanggal 12 Des 2016 17.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta

source: instagram/KMPLHK Ranita UIN Jakarta

Dilansir dari tempo.com, telah terjadi gempa bumi di Aceh tepatnya di Kabupaten Pidie Jaya pada Rabu (7/12/2016). Gempa susulan terjadi pada pagi hari pukul 07.00 WIB yang tercatat di Satasiun Geofisika Mata le, Aceh Barat. Hingga saat ini, menurut data dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh terdapat 102 orang meninggal dunia, 136 luka berat, 616 luka ringan, dan 1 orang masih belum diketemukan.

Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insan Ibnu Battutah (KMPLHK Ranita) UIN Jakarta membuka Posko Peduli Gempa Aceh bertempat di Pertigaan Taman Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Posko tersebut terdapat papan informasi perkembangan gempa Aceh, baik jumlah korban maupun kerusakan yang terjadi.

“Kegiatan yang kami lakukan adalah Fundrising di Kampus UIN Jakarta. Sampai hari ini dana yang sudah terkumpul adalah Rp.6.192,500 dan baju layak pakai,” ujar Staf Bidang Penelitian dan Pengembangan Ranita Lina Sobariyah saat ditemui, Jumat (9/12/2016).

Lina menambahkan, Ranita juga sudah menyusun rencana strategis yang akan dilakukan pasca bencana, yaitu recovery yang merupakan tahap pemulihan dengan tindakan trauma healing untuk meminimalisir trauma yang dialami anak-anak akibat bencana tersebut, kemudian dilanjutkan dengan tahap rekonstruksi dan renovasi beberapa fasilitas umum, seperti masjid dan sekolah yang rusak.

Mahasiswa yang memberikan bantuan melalui Posko Peduli Gempa Aceh KMPLHK Ranita, Ikhwana Mutuah Mico mengatakan, memberikan bantuan kepada korban bencana alam merupakan kepekaan yang didorong oleh keinginan hati. “Walaupun bantuan yang saya berikan hanya berupa materil bukan moril, semoga nantinya bisa meringankan beban saudara kita yang sedang membutuhkan akibat tertimpa musibah,” imbuh Mahasiswa Jurnalistik, Semester 3.


(oleh: Mutia Regina Saura)

Comments