News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kompetisi Scrabble Nasional Telah Diselenggarakan

diposting pada tanggal 16 Jul 2017 09.31 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Peserta scrabble nasional kategori intermediate sedang bertanding

Balamuda tahu scrabble? Atau pernah memainkannya? Scrabble adalah permainan papan dan menyusun kata yang dimainkan oleh 2 atau 4 orang dengan teknik pengumpulan poin. Poin yang didapatkan berdasarkan pada nilai kata yang dibentuk dari kepingan huruf pada papan permainan yang terdiri dari 15 baris dan 15 kolom. Membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan mengingat kosa kata yang hebat, permainan yang datang dari negeri paman sam ini bukan hal baru bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Bahasa Foreign Languages Association (Flat) UIN Jakarta.

Menggandeng Indonesian Scrabble Federation (ISF), Flat telah menyelenggarakan The  Nationals 2017, kompetisi scrabble nasional selama tiga hari penuh sejak jumat (14/7). Terbagi menjadi 3 tingkat, the nationals diikuti oleh 14 peserta kategori youth, 35 intermediate dan 9 peserta kategori master. Diikuti oleh peserta se-Indonesia, kompetisi scrabble nasional berlangsung di aula Student Center (SC).

Ketua umum Flat, Alif Faisal memaparkan, Flat merupakan salah satu UKM yang fokus mengembangkan scrabble di UIN Jakarta. “Eksistensi scrabble di UIN sendiri masih sangat rendah, meski begitu, dalam mempromosikan scrabble di kampus Flat mendapat dukungan penuh dari perpustakaan pusat yang sempat meminta untuk menyelenggarakan scrabble for kids,” jelas Alif. Berharap acara ini berakhir dengan sukses, Alif memohon saran dan masukan dari segenap peserta terhadap pelaksanaan the nationals 2017.

Penanggung jawab the nationals 2017, Jamaliyah Hadiroh memaparkan, tidak hanya belajar bahasa asing Flat juga fokus mempelajari berbagai budaya, termasuk permainan scrabble ini. “Scrabble adalah permainan yang tak kenal usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” ungkap Jamaliyah. Scrabble adalah permainan yang amat digemari terutama di negeri paman sam tempat asalnya. Jamaliyah mengaku, peserta terjauh datang dari Universitas Sriwijaya Palembang. Jamaliyah menambahkan, meski bukan hal baru bagi UKM Flat, scrabble ini terbilang asing bagi mahasiswa UIN. “Dengan diselenggarakannya the nationals 2017 ini, semoga scrabble dapat menjadi lebih akrab bagi civitas akademika UIN sehingga kedepannya saat Flat hendak mengirimkan delegasi lomba scrabble ditingkat yang lebih tinggi mendapat support dan dukungan penuh,” harap Jamaliyah.

Syarifatul adibah

Comments