News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Komunitas Baru, UIN Achery Squad Cari Bibit Baru

diposting pada tanggal 11 Sep 2017 08.37 oleh Radio RDK UIN Jakarta
UIN Archery Squad batch 1 sedang berlatih memanah

Memanah adalah salah satu cabang olahraga yang disunahkan untuk dipelajari oleh Rasulullah SAW. Olahraga yang terkesan statis ini sesungguhnya membutuhkan sejumlah kekuatan, ketahanan, dan fokus yang tinggi. Manfaat dari menekuni olahraga ini pun bukan main-main, selain manfaat fisik, panahan dapat meningkatkan kesehatan mental juga. Menjadi komunitas panahan pertama di UIN Jakarta, UIN Archery Squad siap buka kelas panahan untuk kedua kalinya sampai 16 September mendatang.

Ketua UIN Archery Squad, Hamzah Abdurrahman mengaku sempat mendapat ungkapan heran dari Kepala Sub Bagian (Kasubag) minat dan bakat saat meminta surat tugas untuk lomba. Menurut Kasubag, UIN Archery Squad ini termasuk komunitas pertama di UIN yang fokus terhadap olahraga memanah. Melihat peminat yang banyak sejak berdiri satu bulan yang lalu, Hamzah dan kawan-kawan akhirnya memutuskan membuka kelas memanah untuk kedua kalinya.

“Untuk batch dua ini kita buka sampai 16 September, karena peralatannya juga masih meminjam dan jumlahnya terbatas, ujar Hamzah.

Mengaku tidak mau kalah dengan universitas lain dalam prestasi di bidang olahraga memanah, Hamzah meyakinkan kelas memanah ini akan terus berlangsung. “Jika tidak ada halangan, InsyaAllah tahun depan kita akan kirimkan atlet untuk turnamen,” ujarnya mantap. Hamzah yang sudah memiliki sertifikat pelatih dari Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) DKI dan lulusan Indonesia Archery School Program (INASP) mengaku, pada kelas memanah ini pelatih diturunkan dari mahasiswa yang sudah kompeten terhadap cabang olahraga ini, tak terkecuali dirinya. Pada batch 2 nanti, peserta yang memiliki peningkatan sejak batch 1 dan 2 berhak menambah jarak tembaknya. Hamzah menambahkan, Untuk jarak tembak memanah dalam turnamen sendiri  maksimal 70 meter.

Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti kelas memanah batch 2, Hamzah memaparkan caranya cukup dengan mengirimkan nama, prodi, fakultas, universitas, kontak whatsapp ke nomor yang tertera pada e-flyer. Hamzah berharap, hadirnya UIN Archery Squad ini dapat mensosialisasikan olahraga panahan, menemukan bibit-bibit atlet baru yang siap mengharumkan nama universitas dan Indonesia, dan yang paling penting tutup Hamzah karena Allah Ta’ala.

Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) semester satu Rahmatun Awaliyah mengaku tertarik dengan kelas memanah yang akan diselenggarakan oleh UIN Archery Squad ini. Meski memanah akan jadi pengalaman pertamanya, Perempuan yang akrab disapa Rahma ini mengaku semangat mengikuti sembari mengisi waktu diluar kegiatan perkuliahan, dengan kegiatan olahraga yang juga telah disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

“Walaupun belum pernah, kayanya bakal seru mencoba cabang olahraga memanah, siapa tahu bisa mahir dan dikirim untuk ikut turnamen,” aku Rahma optimis. Rahma berharap, dengan hadirnya kelas memanah UIN Archery Squad ini, UIN Jakarta dapat menelurkan atlet hebat dalam cabang olahraga memanah, tidak berhenti mengharumkan nama universitas, tapi juga nama Indonesia dimata dunia.

(Syarifatul Adibah)

Comments