News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Konsumsi Makanan Penambah Daya Ingat

diposting pada tanggal 1 Feb 2018 16.30 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Setiap makanan memiliki kandungan nutrisinya sendiri. Tetapi ada makanan tertentu yang tanpa disadari ternyata memiliki fungsi khusus, seperti meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi. Dalam proses pembelajaran konsentrasi sangat dibutuhkan. Jika mahasiswa ingin mendapatkan prestasi di kampus, maka kunci utamanya yaitu konsentrasi. Namun sebagian mahasiswa sangat susah untuk berkonsentrasi sehingga mereka akan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu akibat kurangnya daya konsentrasi tersebut.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), jurusan Farmasi semester dua, Alfiyah Azzara memaparkan, fokus merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk menggapai kesuksesan. Jika mahasiswa memiliki konsentrasi yang kuat terhadap suatu hal, otomatis mahasiswa akan fokus dalam mengerjakan hal tersebut. Dirinya juga menjelaskan, cara untuk mudah berkonsentrasi adalah salah satunya dengan mengonsumsi makan dan minuman yang dapat menambah daya konsentrasi. “Contohnya seperti ikan, karena ikan mengandung protein dan kaya akan omega tiga yang dapat menambah daya fokus kita. Saat stres saya biasanya mengonsumsi cokelat, karena cokelat mengandung antioksidan dan stimulant alami yang dapat bekerja seperti kafein pada kopi, sehingga dapat menjaga konsentrasi,” paparnya.

Mahasiswa FKIK, jurusan Kedokteran semester dua, Danu Pratama Lesmana berpendapat, konsentrasi itu sangat penting apalagi bagi mahasiswa. Jika mahasiswa ingin berprestasi, kunci utamanya adalah harus konsentrasi dalam belajar. Ia juga menjelaskan, banyak asupan yang dapat menjaga konsentrasi, seperti kacang, ikan, cokelat, air putih dan lain-lain. “Makanan tersebut mengandung protein, antioksidan dan omega tiga yang mampu memambah daya ingat dan konsentrasi kita dalam belajar. Saya berpesan agar mahasiswa tetap menjaga pola makanan, karena pola kita dalam mengonsumsi makanan sangat berpengaruh dalam kesehatan kita,” katanya.

(Anggara Purissta Putra)

Comments