News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kreatif, Dosen Berikan Beragam Tipe UAS

diposting pada tanggal 20 Des 2016 17.23 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Sejak minggu ke-2 Desember, beberapa dosen sudah menjalankan UAS (UjianAkhir Semester) untuk mahasiswa dengan berbagai tipe ujian. Ada dosen yang melangsungkan UAS dengan memberikan tugas berupa pembuatan jurnal, resensi buku dan film, meresensi tema pembelajaran dari 10 buku, ujian tulis, dan ujian lisan. Beragam tanggapan dari mahasiswa mengenai perihal tipe-tipe ujian yang tengah berlangsung pun tidak luput dari perbincangan. Check it!

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester 1 Tuti Awaliyah membernarkan bahwa semester kali ini banyak tipe ujian yang dijalaninya. Seperti mata kuliah Aqidah dan Ilmu Kalam yang diajarkan oleh Prof. Dr. M. Yunan Yusuf, M.A. UAS yang dijalani berupa meresume 3 judul bahan mata kuliah diwaktu UAS yang sudah  ditentukan. “Kan biasanya ngeresume perbab tiap pertemuan, nah justru kalau UAS langsung ngeresume 3 bab saat itu juga”, ujar Tuti.

Menurutnya, selain melatih ketangkasan mahasiswa dalam menulis, tipe ujian itu berfungsi mengolah pola pikir mahawasiswa dalam merangkai kata. Hal tersebut terkait dengan pengemasan point-point inti dari setiap judul. Semakin rinci danjelas point yang dimaksud, semakin tinggilah nilainya.

Lain halnya Tuti, mahasiswa KPI semester 3 Nida Khansa Izzati mengau kala dirinya  meresume 3 bab, membuat PPT yang bersumber dari buku dan artikel online. “Prosesnya tuh ngumpulin 8 artikel baik dari buku dan internet sesuai silabus pembelajaran, dan digabungkan ke dalam layar presentasi”, ungkapnya saat ditemui di depan ruang kelas 616, Selasa (20/12).

Sebanyak 12 tema, lanjut Tuti, masing-masing berisikan 8 artikel disatukan dalam format PPT, dan dipresentasikan di depan kelas, untuk kemudian menjadi data dosen pengampu mata kuliah Islam dan Ilmu Pengetahuan, Drs. Sunandar Ibnu Noer, M.A. Menurutnya, tipe ujian tersebut dinilai kreatif dan inovatif untuk pembelajaran mahasiswa.


(oleh: Nida Muharram Kumala Sari)

Comments