News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kreatif! Nurul Azka Kemas Video Dakwah dalam Komedi

diposting pada tanggal 6 Des 2016 07.52 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Beberapa kumpulan video milik Nurul Azka yang berisi Komedi Dakwah (source: data pribadi)

Agama Islam merupakan agama dakwah yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berdakwah dalam mensyiarkan agama Islam dan menyeru kepada kebaikan, serta mencegah dari pada kemungkaran. Dalam berdakwah ada 3 metode yang biasa dipakai, pertama dakwah Bil-Lisan yaitu bentuk dakwah yang menggunakan lisan, seperti ceramah dan tausiyah, ke-2 Dakwah Bil-Hal yaitu metode dakwah yang mengedepankan perbuatan nyata seperti dakwah Nabi Muhammad ketika mendirikan masjid Quba untuk mempersatukan kaum Anshor dan Muhajirin, ke-3 Dakwah Bil-Qalam yaitu metode dakwah yang memakai seni.

Dalam peningkatan metode dakwah bil-qalam saat ini, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) berinisiatif mengemas dakwah dalam sebuah komedi di sebuah akun instagram, namun tujuannya tetap sama yaitu menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran. 

Saat diwawancarai di ruang 7.21 FDIKOM, Spesialis Dakwah Komedi yang merupakan mahasiswa FDIKOM Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester 3  Nurul Azka mengaku, dirinya termotivasi dengan keadaan sekitar yang merupakan lingkungan pelajar atau mahasiswa. ‘’Sehingga dalam umur para pelajar biasanya menganggap dakwah hanya sekedar ceramah, tausiyah ta’lim dan lain-lain, kemasan yang perlu disajikan dalam dakwah memiliki konten yang berbeda yaitu dengan berdakwah lewat video komedi,’’ tuturnya.  

Nunu menambahkan, isi dari video juga merupakan tema-tema dakwah yang sekiranya dialami oleh para mahasiswa pada umumnya, sehingga mahasiswa tidak bosan dalam melihat dakwah yang sedang diresapnya,‘’ ungkap perempuan yang akrab dipanggil Nunu.

Nunu sangat bersyukur atas video unggahannya. “Awal pembuatan video dakwah komedinya banyak yang menyambut baik dan berdampak positif bagi para viewersnya di akun Instagram,’’ tutup Nunu.

Mahasiswa FDIKOM Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester 3, Sonya Sania berpendapat video-video yang dibuat Nunu di akun instagramnya sangat memotivasi bagi mahasiswa, dengan kemasan yang berbeda tentu hal ini menjadi bahan untuk menumbuhkan rasa keinginan yang lebih tinggi bagi mahasiswa dalam berdakwa. Sonya berpesan untuk mengembangkan video dakwah komedi ini, agar video tersebut lebih memotivasi mahasiswa dalam berdakwah.



(oleh: Juliah)

Comments