News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

KSR PMI Adakan Donor Darah

diposting pada tanggal 8 Mar 2017 08.33 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Petugas donor darah sedang mengecek tekanan darah pendonor

Rabu (8/3), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) UIN Jakarta menggelar donor darah. Acara yang di mulai pukul 08.00-12.00 WIB ini bertempat di Aula Student Center (SC) UIN Jakarta.

Koordinator lapangan Lutfi Abdul Latif mengatakan bahwa antusias mahasiswa UIN Jakarta sangat bagus. Sebanyak 150 mahasiswa sudah mendaftar untuk mendonorkan darah. Selain mahasiswa, terdapat staff dan para dosen UIN Jakarta yang telah terdaftar. Lutfi juga mengatakan, donor darah rutin dilakukan oleh KSR PMI dua kali dalam sebulan yaitu diawal dan akhir bulan. Acara tersebut juga bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) Tangerang.

“Ada syarat-syarat khusus sebelum mahasiswa dapat mendonorkan darahnya yaitu sehat, usia 17 hingga 60 tahun, tidur cukup antara lima sampai enam jam, tidak menjalani pengobatan atau operasi selama enam bulan kebelakang, berat badan minimal 45 kilogram, dan tidak mengkonsumsi obat,” jelas laki-laki berambut ikal tersebut. Dirinya menambahkan, salah satu mahasiswa UIN Jakarta pingsan karena baru pertama kali melakukan donor darah dan kondisi badan yang kurang baik.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi  dan Bisnis (FEB) jurusan Perbankan Syariah semester empat, Ayu Utari Ningsih mengatakan baru pertama kali melakukan donor darah. “Awalnya hanya karena diajak oleh teman dan ingin mengetahui bagaimana rasanya menjadi pendonor,” tuturnya. Ayu memaparkan banyak manfaat dari donor darah, antara lain dapat mengetahui kesehatan darah, golongan darah, dan juga mencegah kanker. Ia berharap setelah melakukan pendonoran tidak merasakan efek samping apapun, karena setiap tubuh mengalami reaksi yang berbeda-beda.

(Naila Fitri)

Comments