News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

KSR PMI Unit UIN Jakarta Usai Gelar Lacak 2017

diposting pada tanggal 27 Nov 2017 08.47 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit UIN Jakarta telah usai menyelenggarakan Latihan Dasar Calon Anggota KSR (Lacak) 2017 pada Minggu (26/11) di Bumi Perkemahan Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat. Lacak outdoor yang telah terlaksana sejak Selasa (20/11) ini diikuti oleh 14 calon anggota muda (AMD) KSR PMI sebagai ajang pengaplikasian ilmu yang telah didapat pada Lacak Indoor 2 minggu yang lalu. Materi yang diberikan selama Lacak terdiri dari Pertolongan pertama, perawatan keluarga, disaster management, dapur umum, sanitasi, tendaisasi dan manajemen bencana. Lacak kali ini mengusung tema “Relawan mengabdi, kuat, tanggap, peduli, tanggung jawab, Pasti” yang merupakan sikap yang harus dipenuhi seorang relawan.

Bayed Izwah Hurien ‘Ien salah satu panitia penyelenggara memaparkan, Lacak adalah kegiatan rutin KSR PMI sekaligus rekruitmen anggota baru. Menurut Bayed, Bakal Anggota (Balang) yang mengikuti Lacak outdoor adalah paling baik dari yang terbaik. “Lacak outdoor menjadi tempat bagi baling untuk mengaplikasikan berbagai ilmu yang telah diberikan selama Lacak kepada kehidupan sehari-hari,” ujar Bayed.

Pada Lacak outdoor juga dilaksanakan simulasi bencana besar, untuk menguji kesigapan balang dalam mengaplikasikan ilmu manajemen bencana. Bayed berharap, Lacak ini dapat dilalui dengan senang gembirabagi balang, tak hanya itu setelahnya Bayed berharap AMD dapat lebih mendalami ilmu yang telah diberikan, loyal dan siap mengabdi untuk masyarakat.

Anggota KSR PMI unit UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Rona Khairunnisa memaparkan, tak memiliki konsep yang jauh berbeda dengan KSR UIN Jakarta, KSR UIN Malang juga mengadakan pendidikan bagi calon anggota baru yang serupa. Yang membedakan, pada KSR UIN Malang setiap materi yang disampaikan akan diaplikasikan dengan simulasi tiap akhir pekannya. “Sama seperti KSR PMI lainnya, praktikum atau yang disebut outdoor di UIN KSR UIN Jakarta berguna untuk menguji pemahaman, dan ketanggapan calon anggota terhadap materi,” ujar Rona.

Rona menambahkan, pada akhir masa pendidikan, anggota baru KSR PMI harus mengikuti praktikum besar dimana semua ilmu akan disimulasikan. “Semoga semua keluarga baru KSR PMI unit manapun, dapat menjaga loyalitas, dan siap mengabdi kepada masyarakat dalam situasi apapun,” tutup Rona.

(Syarifatul Adibah) 

Comments